Jelang Ramadan, Omset Pedagang Baju Muslimah Belum Naik

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com – Jelang Ramadan berbagai persiapan telah dilakukan pedagang. Mereka sudah mulai menyetok barang dagangan . salah satunya busana muslim dan muslimah. Namun, persiapan pedagang kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Feri (40), pedagang toko di Pasar Baru Tuban mengatakan, persiapan sudah ada baju koko, baju, muslimah, sajadah, mukena, sarung dan lainnya.

“Sudah saya siapkan, tapi nggak nyetok kayak tahun lalu. Sehabisnya saja, rada trauma kejadian satu tahun lalu. Dulu waktu kebakaran kebetulan menjelang Ramadan, itu saya stok banyak baju, sekarang sudah enggak,” ungkapnya saat ditemui Reporter blokTuban di Pasar Baru Tuban.

Menurutnya, sekarang lebih seadanya saja. Kondisinya juga sepi pembeli akibat pandemi juga menjadi salah satu faktor untuk tidak menyetok barang baru.

“Seadanya saja, kondisi juga lagi sepi nggak mungkin nyetok banyak. Semua lagi kesusahan cari uang, mungkin untuk beli baju baru banyak pertimbangan,” pungkasnya.

Hal yang sama juga dirasakan Asikan (50), salah seorang penjual baju. Menurutnya selama pandemi penghasilannya menipis.

“Boro-boro numpuk stok Mbak, pembeli saja sepi. Kondisi saat ini dagangan pada down semua, apalagi perekonomian yang susah kayak gini. Mau beli pakaian baru pasti mikir dulu,” imbuhnya.

Harapannya semoga penjualannya segera pulih, apalagi sejak kebakaran tahun lalu. Semuanya dimulai dari awal lagi.[ulf/ono]