Hujan Angin, 2 Pohon Raksasa di Sendang Maibit Patah Timpa Rumah
Reporter : M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Hujan deras disertai angin yang melanda area Kecamatan Rengel siang ini, mengakibatkan 2 pohon ukuran besar di kawasan bumi perkemahan Sendang Lanjar Maibit, Desa Maibit, Kecamatan Rengel mengalami patahan parah dan menimpa rumah warga, Kamis (11/3/2021).
 
Pohon jenis Winong dan Ipik ukuran besar dengan tinggi lebih dari 20 meter yang telah hidup ratusan tahun lebih itu, menimpa bangunan rumah bagian depan milik Mukhtar, warga sekitar Sendang Maibit. 
 
"Pas hujan campur angin tadi, sudah ada satu pohon yang tumbang ke arah bangunan sendang. Kalau satunya lagi tahu-tahu sudah bunyi kratak, dan dahan pohon besar langsung menimpa rumah," ujar Murtafik, salah satu warga setempat.
 
Kepada blokTuban.com ia menjelaskan, hujan disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, langsung merusak pohon Ipik yang berdiamet 3 meter lebih ke bagan sendang. 
 
Satu jam kemudian pasca hujan dan angin sudah reda, warga sekitar mengaku mendengar bunyi khas deritan kayu akan tumbang. Sontak saja, tak berapa lama patah lagi bagan dahan pohon Winong yang punya diameter 5 meter lebib itu tumbang sehingga menghebohkan warga setempat.
 
Kepala Desa (Kades) Maibit, H. Ahmad Ali ketila mendengar kabar itu langsung bergegas untuk memastikan bagaimana situasi dan keadaan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Kepolisian dan TNI setempat untuk melakukan tindak lanjut.
 
Tim dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban yang ada di Posko Rengel juga langsung menuju lokasi kejadian usai menerima laporan dari warga setempat.
 
"Untung tak ada korban. Dahan pohon hanya menimpa depan rumah bangunan galvalum, dan satu sepeda motor metik ikut tertimpa," ungkap Kades Maibit menerangkan. [feb/sas]