Sumringah, Hasil Melimpah Hingga Dapat Uang Jutaan dari Lomba Panen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sejumlah petani di Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban nampak sumringah diawal musim panen raya padi kali ini.

Pasalnya, selain hasil panennya melimpah ruah, sejumlah petani juga mendapatkan hadiah dari lomba panen raya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Bahkan lomba panen raya yang diselenggarakan kali pertama itu diikuti sebanyak 22 peserta. Mereka ikut melombakan tanaman padinya untuk merebut hadiah jutaan rupiah sebagai modal tanam musim berikutnya.

Juara 1 lomba panen raya, Sarji mengaku sangat senang bisa mendapatkan juara 1. Sebelumnya, dia tidak menyangka dapat juara 1 lantaran banyak peserta lomba yang padinya bagus-bagus.

"Senang mas dapat juara 1," terang Sarji petani asal Dusun Krajan, Desa Jetak, Rabu (10/3/2021).

Sarju menambahkan, dari hasil penilaian panitia, padinya mengeluarkan bobot 11,50 kilogram dari 12,5 m² (meterpersegi). Dari hasil itu, dia menjadi juara 1 dengan hadiah Rp1 juta.

"Ini hadiahnya mau saya gunakan untuk membeli pupuk sama bibit untuk musim tanam kedua," tandasnya.

Dia berharap, lomba panen raya ini bisa diselenggarakan terus oleh Pemdes Jetak. Sehingga para petani yang lain bisa lebih semangat lagi untuk merawat tanaman padinya.

Sementara itu, Ketua panitia lomba panen raya, Miftahul Huda menyampaikan perlombaan panen raya ini diikuti sebanyak 22 peserta. Tujuannya sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui hasil panen yang maksimal.

Pria yang juga sebagai perangkat desa tersebut berharap, dengan lomba ini greget para petani untuk menerapkan pola tanam seperti yang dicanangkan oleh pemerintah.

Sebab, saat ini masih banyak para petani yang menerapkan cara tanam konvensional yang hasil panenya kurang maksimal.

"Tujuan kita adalah untuk menambah greget para petani, sehingga tahun yang akan datang para petani bisa berbenah pola tanamnya. Dengan begitu para petani bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal," imbuhnya.

Menurutnya, untuk hasil panen para petani di Desa Jetak, Kecamatan Montong ini sudah cukup maksimal dengan rata-rata perolehan hasil panen sekitar 8 ton gabah kering panen per hektar.

Sekadar diketahui, dalam acara pengumuman pemenang lomba panen raya itu turut hadir Camat dan Sekcam Montong, UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Montong, serta Kepala Desa dan seluruh perangkat Desa Jetak. [hud/mu]