Petani Binaan di Desa Bajo Rasakan Manfaat Program PSRLB

Reporter: M. Nur Rofiq

blokTuban.com - Pertamina EP Asset 4 Field Cepu melakukan panen raya padi organik untuk keenam kalinya program Corporate Social and Responsibility (CSR) Pertanian Sistem Rice Intensification (SRI) Organik bersama Kelompok Tani Alam Sri di Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Selasa (9/3/2021).

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mulai melaksanakan program PSRLB ini dari Juni 2018 di wilayah operasinya. Panen dilaksanakan di lahan milik kelompok tani dengan luas 12,3 hektare. Dengan hasil rata-rata panen padi mencapai 9- 11 Ton per hektarenya.

Eakib Ketua Kelompok Tani Bina Alam Sri Desa Bajo mengatakan, dengan metode tanam organik ini lahan menjadi bebas dari pupuk sintetis dan racun pestisida dan munculnya produk padi/ beras yang sehat sriorganik.

"Adanya program ini memunculkan inisiasi bertani yang ramah lingkungan dan berpeluang meningkatkan pendapatan ekonomi," ungkapnya kepada awak media.

Dia juga menyampaikan, bawasanya hari ini petani binaan program PSRLB di Desa Bajo sudah panen untuk ke-6 kalinya. Hasilnya, dari penelitian dan kajian yang dilakukan, produksi padi petani sudah murni menggunakan organik.

"Pertanian SRI organik ini mulai dilirik dan dikembangkan oleh petani desa lain sekitar Desa Bajo. Di antaranya Desa Bajo, Desa Wado, Desa Sogo, Desa Nglandean, Desa Tanjung, Desa Sidorejo, Desa Kedungtuban dan Desa Ngraho," ungkapnya.

Selain itu, dia juga menambahkan, gravik petani organik setiap tahunnya meningkat. Misalnya di tahun awal pembinaan pada tahun 2018 hanya 11 anggota dengan luas lahan 1,64 hektare di tahun 2019 meningkat menjadi 35 anggota dan dengan luas lahan 9,8 hektare dan di tahun 2020 meningkat menjadi 76 anggota dengan luas lahan 16,85 hektare.[rof/sas]