Buka Kafe dengan Konsep Ruang Baca, Pemuda Ini Raup Puluhan Juta Rupiah

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Berawal dari pengalaman bekerja di kafe selama empat tahun, Ach Syihabbuddin (23), akhirnya berhasil mewujudkan sebuah usaha yang beromset puluhan juta perbulan.

Hanya dengan bermodal keahlian meracik kopi yang dimiliki serta sepetak bangunan rumah yang berlokasi di Dusun Tambakrejo, Desa Glodog, Kecamatan Palang, Tuban , Syihabb berhasil menyulap rumah tersebut menjadi sebuah kafe yang belakangan menjadi tongkrongan yang diminati anak muda.

"Untuk modal, lumayan banyak sekitar Rp70 juta, karena ini rumah saya sendiri dan bangunan nya tetap, jadi semua saya renovasi total. Mulai dari meja, kursi, foto-foto, buku, serta alat dan bahan untuk membuat kopi," ungkapnya saat ditemui blokTuban di Desa Glodok, Palang.

Menurutnya, konsep pembuatan kafe ini dibentuk karena ia masih menjadi seorang mahasiswa aktif dan diberi nama Ruang BCoffee.

"Ruang BCoffee, yang berarti suatu ruang minimalis yang menyediakan wadah untuk mengapresiasikan minat bakat dan hobi, terutama di bidang musik, intelektual dan lainnya,’’ jelas dia.

Sedangkan Baca, karena di dalamnya disediakan berbagai buku untuk membuka jendela dunia. Sedangkan arti coffee sendiri adalah kopi atau minuman serta makanan yang disediakan.  Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban ini, sudah memulai usahanya sekitar 4 bulan yang lalu.

"Alhamdulillah, semakin banyak dikenal dan ramai. Selain menyediakan ruang baca, setiap sabtu malam kita juga menyediakan live acoustic," pungkasnya.

Pesannya, di era industri kreatif seperti ini ciptakan apapun yang bisa kamu ciptakan, yang jelas jangan pernah melupakan nilai positif, dari situ apa yang kamu ciptakan akan berkembang.[ulf/ono]