Pastikan Kelayakan Senpi, Polres Lakukan Pemeriksaan Berkala

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Kepolisian Polres Tuban melaksanakan kegiatan pemeriksaan Senjata Api (Senpi) inventaris dinas milik anggota Polres serta seluruh jajaran Polsek, Senin (8/3/2021).

Kegiatan pemeriksaan Senpi itu dilakukan berkala di halaman belakang Mapolres Tuban dalam rangka untuk memastikan kelayakan senpi inventaris dinas serta kelengkapan surat izin pinjam pakai. 

Di samping itu, jajaran Polres Tuban juga tidak ingin kecelongan penyalahgunaan Senpi dinas oleh anggota, sehingga satu persatu personel pemegang senpi invetaris dinas memperlihatkan kondisi Senpi kepada tim pemeriksa.

Kabagsumda Polres Tuban, Kompol Mardiyah usai pemeriksaan mengatakan, pemeriksaan kebersihan dan kelayakan senpi serta kelengkapan surat izin pinjam pakai ini merupakan kegiatan rutin berkala.

"Ini merupakan kegiatan berkala, selain mengantisipasi adanya penyalahgunaan senpi, kita juga bisa tahu kebersihan serta kelayakan senpi yang dipinjam pakai oleh anggota," ujar Kompol Mardiyah.

Lebih lanjut, dengan adanya pemeriksaan Senpi berkala ini harapannya para anggota bisa lebih bertanggung jawab dengan senpi yang dipegang, baik itu keamanannya serta penyimpanannya dan tak kalah penting pelanggaran penyalahgunaan senpi bisa dihindari.

"Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan pelanggaran oleh personel dan semua senpi dan amunisi dinas dalam keadaan terawat dan layak pakai serta siap menunjang kerja anggota di lapangan," tandasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan pemeriksaan senpi tersebut dipimpin oleh Kabagops Polres Tuban Kompol Budi Santoso, bersama Kabag Sumda Polres Tuban, Kompol Mardiyah serta Kasubbag Sarpras, AKP Ali Kanafi dan Kasi Propam IPTU Waheru Purwanto.

Selain kelengkapan surat izin pinjam pakai senpi bagi personel polri yang diperiksa. Kelengkapan amunisi serta kelayakan dan kebersihan Senpi pun juga tak luput dari pemeriksaan.[hud/lis]