Pantai Boom akan Jadi Ikon Pariwisata Kemaritiman Indonesia

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tim Ekspedisi Dewa Ruci telah tiba di Kabupaten Tuban dan disambut oleh Pemerintah Kabupaten Tuban pada Senin (08/3/2021) pagi di kawasan Pantai Boom.

Kedatangan tim Dewa Ruci ke Tuban adalah membawa misi pengembangan kemaritiman di Indonesia, dan Tuban menjadi salah satu kota tujuan.

"Tuban memiliki historis yang panjang di bidang kemaritiman, seperti salah satunya Pelabuhan Boom ini yang menjadi awal tersebar nya agama Islam di Tuban melalui pesisir," ujar Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan.

Pasca menggelar misi perdamaian pelayaran mengelilingi dunia 2017 lalu, Kapal kebanggaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini kemudian melanjutkan misi Ekspedisi Kampung Bahari di beberapa kota seperti Jakarta, Cirebon, Semarang Jepara, Rembang, dan Tuban.

Ada lima program di Kampung Bahari Nusantara yang dijalankan yaitu bidang pertahanan, edukasi pendidikan, pariwisata, kesehatan, perikanan dan atau pertanian.

"Untuk di Tuban, saat ini yang bisa diekspor adalah pariwisatanya," ungkap Yoni.

Pariwisata Tuban, lanjut Yoni patut dipromosikan sebab memiliki kekuatan sejarah dan budaya yang cukup kuat. Hal ini bisa dilihat dari akulturasi budaya yang telah terjadi di sini, seperti antara penduduk lokal dengan warga Tionghoa zaman dulu sampai sekarang.

Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Tuban Sunarto menyambut baik kedatangan tim dari Dewa Ruci. Meskipun kapal Dewa Ruci berhalangan untuk bersandar di pantai Tuban, akan tetapi kehadiran dari tim darat Dewa Ruci merupakan sebuah kehormatan.

"Kami sangat menyambut baik kehadiran tim darat dari Dewa Ruci. Semoga TNI khususnya TNI AL selalu jaya," kata Sunarto.

Pemkab mengucapkan terima kasih kepada tim darat dari Dewa Ruci yang telah memilih Tuban sebagai salah satu kota tujuan dalam misi kali ini.

Tuban sendiri merupakan salah satu kota tua yang memiliki sejarah tentang penyebaran agama Islam juga perdagangan di masa lalu yang dimulai dari pesisir pantai Boom. [ali/ono]