Harga Terus Naik, Warga Kurangi Beli Cabai

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Cabai adalah salah satu campuran bumbu yang wajib ada di dapur para ibu rumah tangga, namun harganya kini makin hari semakin naik.

Saat awal tahun harga cabai sudah mulai naik, hinga saat ini harga cabai masih terpantau melambung. Kemarin sempat mengalami penurunan tapi kembali naik lagi.

Cabai rawit yang awal tahun lalu di kisaran harga Rp70.000 per kilogram sekarang menjadi Rp90.000 per kilogramnya.

"Padahal kemarin harga cabai masih Rp80.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp90.000 per kilogram," ungkap Sumarni, salah satu pembeli di Pasar Bongkaran Tuban.

Sumarni mengatakan, kenaikan harga cabai membuatnya harus berhemat, karena kondisi ekonomi yang susah, ia harus semaksimal mungkin dalam mempergunakan uangnya.

Menurut Sumarni, kalau uangnya habis hanya untuk membeli cabai, kehidupan sehari-harinya akan susah, karena masih menyekolahkan sang anak.

"Kalau mahal gitu belinya ya sedikit, kalau beli banyak uangnya habis. Anak sama suami saya mau makan apa," tambahnya mengeluh.

Risah, salah satu penjual cabai rawit di pasar Bongkaran mengatakan, harga cabai semakin naik karena curah hujan yang tak menentu.
"Sering hujan, stoknya menipis. Alhasil harga terus naik, diprotes terus sama pembeli," ungkap Risah. [ul/rom]