4 Bangunan Rusak Dihantam Ombak

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selama dua pekan terakhir warga di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban dibuat ketar-ketir oleh gelombang tinggi dan angin kencang.

Plengsengan tangkis laut tak mampu menahan hantaman ombak. Daratan di tepi jalan Daendels terkikis dan longsor. Beberapa bangunan di atasnya rusak dan nyaris ambruk.

Kerusakan daratan akibat ombak kurang lebih 100 meter. Ada beberapa titik lubang, dan berpotensi melebar saat gelombang laut pasang.

Nanik warga Kradenan mengatakan ombak besar 3 hari terakhir sangat besar. Sebagai pemilik warung, ia tidak berani berjualan sampai malam karena percikan ombak sampai ke dalam warungnya.

"Mobil saja tidak bisa parkir karena tanahnya longsor," ungkap Nanik kepada reporter blokTuban.com, Rabu (10/2/2021).

Ia berharap segera ada perbaikan plengsengan yang kena abrasi. Supaya warga lebih tenang yang setiap hari mengais rejeki dengan berjualan makanan di tepi jalan.

Ditambahkan oleh Juwariyah pemilik warung makanan di Kradenan. Waktu lalu ia sempat mengeluarkan Rp1,2 Juta untuk memperbaiki genteng/esbes warungnya yang rusak diterjang angin.

"Gelombang besar datangnya mulai pukul 14.30 Wib sampai malam. Bahkan kalau malam air sampai ke jalan raya," sambungnya.

Juwariyah menghitung warung yang terdampak ombak ada 4-5 buah. Rusaknya sedang sampai berat. Selain bangunan warung, ombak juga menerjang rumah diesel warga. [ali/ono]