Komorbid Sebabkan 311 Orang Batal Divaksin

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban tahap 1 telah mencapai 67,28 persen dari 3.593 sasaran. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban menyebutkan 2.410 orang sudah divaksin, 24 orang ditunda, dan ada 311 orang batal divaksin.

Kepada reporter blokTuban.com, Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan 311 orang yang batal divaksin disebabkan karena Komorbid atau penyakit penyerta. 

Dalam dunia kedokteran digambarkan bahwa ada penyakit lain yang dialami selain dari penyakit utamanya.

"Untuk yang ditunda vaksinasinya karena tenaga kesehatan sasaran kondisinya belum sehat," ujar Bambang, Kamis (4/2/2021).

Mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo juga menambahkan, di Kabupaten Tuban ada 75 fasilitas kesehatan (Faskes) dan siap untuk vaksinasi baru 49 persen. Dimana ada 37 Faskes siap vaksinasi dan 38 Faskes lain belum siap.

Untuk vaksinasi tahap kedua sendiri akan dimulai pada bulan April mendatang. Sasarannya adalah profesi pelayanan publik dan masyarakat umum yang memenuhi persyaratan yang ditentukan.

"Masyarakat dapat mengetahui data penerima vaksin dengan mengakses www.pedulilindugi.com," imbuh Bambang.

Vaksin yang digunakan sangat aman dan halal, karena telah memiliki sertifikat BPOM dan MUI. Saat ini, Dinkes Tuban tengah melakukan distribusi ke Rumah Sakit dan fasillitas pelayan Kesehatan lain di Kabupaten Tuban. 

Totalnya ada 3.360 vaksin tahap pertama. Ditargetkan pada 2 minggu awal ini, seluruh tenaga Kesehatan di Bumi Wali telah disuntik vaksin. Setelah vaksinasi pertama, 14 hari berikutnya akan dilakukan vaksin lanjutan. [ali/ono]