Dampak Pandemi, Pedagang Ikan di Plaza Ikan Tuban Keluhkan Sepi Pembeli

Reporter : Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com – Siti (43)  salah satu pedagang ikan di di Plaza Ikan Tuban  mengeluh karena sepi pembeli. Hal itu dia rasakan sejak merebaknya wabah virus corona sekitar satu tahun lalu, termasuk di di KabupatenTuban.

Ibu dari tujuh anak ini menjelaskan, harga ikan yang relatif normal tidak ada kenaikan. Udang misalnya, saat ini masih di kisaran harga Rp 40.000 per kilogram untuk ukuran kecil dan Rp 55.000 per kilogram untuk ukuran besar. Sedang rajungan dengan kisaran harga Rp 101.000 per kilogram serta  Kerapu Rp 40.000 per kilogram.

Sebelum ada wabah virus korona, kata Siti, dalam sehari bisa ada 100 sampai 150 pembeli. Namun saat corona merebak, mendapatkan 50 pembeli saja sangat sulit didapat.

“Biasanya sehari paling normalnya dapat 100 pembeli, sekarang paling sekitar 50 pembeli itupun hari Sabtu dan Minggu. Selebihnya dapat 30 pembeli itu pun susah. Pembelinya nggak ada, mereka di rumah takut corona,” ungkapnya.

Harapan Siti agar virus corona segera hilang dari Indonesia. Dia meyakini bahwa dirinya bukan satu-satunya yang terkena dampak dari wabah ini.  

Dia berharap dapat  terus menyambung hidup kembali untuk menafkahi keluarganya. Serta mengharapkan simpati dari pemerintah agar mau membatu dan mengurangi beban mereka.[ulfa/ono]