Kecewa Pengangkatan Ketua DPC, 13 PAC Gerindra Mengundurkan Diri

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - 13 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra Kabupaten Tuban ramai-ramai mengundurkan diri dari partai. Pengunduran diri jajaran 13 PAC itu ditandai dengan pelepasan baju kebesaran partai disalah satu kafe di Kabupaten Tuban, Kamis (28/1/2021).

Menurut penuturan Ketua PAC Partai Gerindra Bangilan Muasyim, pengunduran diri 13 PAC Partai Gerindra itu dipicu lantaran kekecewaan para kader terkait turunya Surat Keterangan (SK) pengangkatan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tuban yang baru.

Sebab, pengangkatan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tuban yang baru tersebut tidak ada pemberitahuan terkait kriteria-kriteria ketua kepada masing-masing pengurus PAC sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga AD/ART Partai Gerindra.

"Kita mengundurkan diri dengan kekecewaan lantaran Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tuban yang masih eksis, tiba-tiba ada pengangkatan ketua yang belum pernah ada kapasitas di kepengurusan dan loyalitasnya belum pernah tampak," terang Muasim kepada wartawan.

Lebih lanjut, Muasim menegaskan pengunduran diri dari 13 PAC ini bukan merupakan perlawanan kepada DPC Partai Gerindra Kabupaten Tuban, akan tetapi dia berkeinginan pengangkatan Ketua DPC Partai Gerindra yang baru ini dilakukan sesuai dengan AD/ART Partai.

"Untuk memajukan Partai Gerindra, paling tidak ada komitmen bahwa kalau ada pengangkatan ketua baru itu sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada di AD/ART Partai," jelasnya.

Dia berharap, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra bisa memberikan klarifikasi yang bagus kepada para kader partai di Kabupaten Tuban, sehingga masing-masing jajaran PAC bisa merasa puas dengan pengangkatan ketua yang baru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, 13 PAC Partai Gerindra yang mengundurkan diri yakni PAC Tuban Kota, Merakurak, Kerek, Palang, Plumpang, Widang, Soko, Grabagan, Rengel, Semanding, Bangilan, Bancar, Tambakboyo.

Sebatas diketahui, DPP Partai Gerindra menunjuk Harry Susanto sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Tuban yang sebelumnya dijabat Tri Astuti. 

Pengangkatan Harry itu tertuang dalam SK Baru kepengurusan DPC Partai Gerindra Kabupaten Tuban dengan Nomor 11.0187/Kpts/DPP.Gerindra/2020 itu diterbitkan DPP Partai Gerindra tanggal 24 Nopember 2020.[hud/col]