Satgas Covid-19 Tuban Minta Warga Batalkan Gelar Acara Hiburan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Tuban meminta kepada masyarakat luas agar menunda menyelenggarakan acara hiburan yang berpotensi mengundang kerumunan banyak orang selama masa pandemi.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Jumat (22/1/2021).

"Untuk pagelaran hiburan yang bisa mengundang kerumunan orang banyak lebih baik dipikirkan untuk ditunda dulu, dari pada menyediakan ajang penularan," kata Endah yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut menurutnya, sampai saat ini risiko penularan Covid-19 di Bumi Wali masih terbilang tinggi, sehingga diperlukan partisipasi dari semua lapisan masyarakat untuk menekan dan memutus penyebaran Covid-19.

"Pandemi ini membutuhkan peran semua, salah satu bentuknya dengan tidak menyelenggarakan acara yang bersifat kumpul-kumpul," lanjut Endah.

Dijelaskannya, selama ini pihaknya juga belum pernah menemukan adanya pagelaran hiburan yang menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) 3 M, Memakai Masker, Menjaga Jarak, serta Mencuci Tangan menggunakan sabun, sehingga risiko penularannya tinggi.

"Andai semua patuh protokol kesehatan, maka hiburan tetap bisa berjalan. Seperti halnya dilaksanakan di lapangan lebar dengan jarak antar orang 2 meter, meluas, sama sekali tidak ada yang mendekat apalagi bergerombol. Tapi kenyataannya, belum pernah bisa," pungkasnya.

Sebatas diketahui, berdasarkan data persebaran Covid-19 dari Pemkab Tuban per (21/1/2021) jumlah komulatif terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 2.454 orang, sedangkan jumlah komulatif pasien sembuh sebanyak 1.899 orang dan jumlah komulatif pasien positif Covid-19 meninggal dunia sebanyak 251 orang.[hud/ono]