Tinjau Tanggul Embung Jebol di Plumpang, BPBD: Penanganan Darurat Akan Dilakukan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Dinas PUPR, Bappeda Tuban dan Camat Plumpang meninjau lokasi jebolnya tanggul embung sundulan yang berada di Dusun Ngayung, Desa Sumbragung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Dari peninjaun itu, dinas terkait akan segera melakukan penanganan darurat. Hal itu untuk menghindari banjir susulan di permukiman warga ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

"BPBD bersama PUPR, Bappeda dan Camat Plumpang meninjau lokasi tanggul embung sundulan yang jebol. Sementara penanganan darurat akan dilaksanakan BPBD," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tuban, Agung Supriyadi ketika dikonfirmasi menyampaikan, penanganan darurat tanggul embung sundulan yang jebol akan segera dilakukan.

Adapun untuk penanganan darurat bahan material yang digunakan antara lain, gedhek dari bambu dan sak karung diisi dengan tanah. "Sementara kita lakukan penanganan darurat, kalau nanti kondisi sudah memungkinkan baru ditangani oleh Dinas PUPR," pungkasnya.

Sebatas diketahui, akibat jebolnya tanggul embung sundulan tersebut sebanyak 110 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Ngayung, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban terdampak banjir, Rabu (20/1/2021).

Tanggul tersebut jebol sepanjang 10 meter dan lebar 3-4 meter. Adapun jebolnya tanggul embung milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tersebut dikarenakan tidak mampu menampung debit air ketika diguyur hujan dengan intensitas tinggi.[hud/col]