Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Tuban pada Rabu (20/1/2021) menyebabkan jebolnya tanggul sungai atau avour Suru di Kecamatan Palang.

Akibatnya 60 rumah di Desa Cendoro terdampak. Rumah terendam setinggi lutut dewasa ketika debit air di Avour meluap ke jalan.

Selain rumah warga, banjir juga merendam 20 hektare area pertanian. Kepala Desa (Kades) Cendoro, Palang, Yuli Cahyo Utomo mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tuban.

"Sampai hari ini masih ada genangan air di lingkungan rumah warga. Jam 01.00 WIB malam tinggi-tingginya debit. Air masuk ke pemukiman sejak jam 22.30 WIB," terang Yuli kepada blokTuban.com, Kamis (21/1/2021).

Pemdes Cendoro berharap tanggul yang jebol segera diperbaiki. Selain itu, digalakkan penghijuan di wilayah hutan karena banjir di Kecamatan Palang belakangan ini karena minimnya resapan air di kawasan hutan.

Sejak dulu Desa Cendoro menjadi tempat limpahan air di hulu Avour Suru. Bahkan ketika Cendoro tidak hujan, banjir kapan saja bisa datang.

"Avour Suru membentang mulai Desa Ngimbang, Cendoro, Pucangan, Glodok, dan Palang," pungkasnya. [ali/ono]