Tanggul Embung Jebol, 110 KK di Desa Sumberagung Terendam Banjir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan Kepala Keluarga (KK) di Dusun Ngayung, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Embung Sundulan yang berada di dusun setempat, Rabu (20/1/2021).

Tanggul embung milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tersebut jebol lantaran tidak mampu menampung debit air ketika diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Yudi Irwanto mengungkapkan, telah menerima laporan terjadinya tanggul jebol sekitar pukul 15.30 WIB. Tanggul jebol dengan panjang 10 meter, lebar 3-4 meter dan kedalaman sekitar 4-5 meter.

"Tanggul Embung Sundulan di Dusun Ngayung, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumlang tadi jebol, karena tidak mampu menampung debit air," terang Kepala BPBD Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut, sampai saat ini BPBD Kabupaten Tuban telah mencatat ada sebanyak 110 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 250 jiwa yang terdampak banjir akibat jebolnya tanggul embung.

"Tercatat sebanyak 110 KK atau sekitar 250 jiwa di Dusun Ngayung yang terdampak banjir," imbuhnya.

Menurutnya, jebolnya tanggul tersebut dikarenakan embung tidak mampu menampung debit air dari hujan lokal maupun kiriman dari Hutan Desa Ngino, Kecamatan Semanding.

Sementara itu, petugas dari BPBD yang menerima laporan tersebut langsung mendatangi lokasi, melakukan kaji cepat, Assessment dan koordinasi dengan Forkopimka.

Adapun berdasarkan hasil assesment, BPBD Kabupaten Tuban langsung mengirimkan bantuan sembako dan makanan siap saji, bantuan bahan banjir (Sandbag/glangsing, Trucuk, Gedek, Bronjong).[hud/col]