7 Rumah Sakit Ajukan Plasma Konvalesen di PMI Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Permintaan Plasma Konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban meningkat. Tujuh Rumah Sakit (RS) telah mengajukan permintaan plasma, dan sekarang menunggu antrean.

Kepada blokTuban.com, Humas PMI Tuban, Sarju Efendi mengatakan tujuh RS yang mengajukan plasma ke kantornya adalah RS rujukan dan penyangga Covid-19.

"RS yang minta plasma tidak hanya dari Tuban tapi juga luar daerah. Khusus dalam kota dari pihak RS yang mengajukan pemesanan. Kalau RS luar kota rata-rata dari pihak keluarga pasien yang mengajukan pemesanan," ungkap Sarju, Senin (18/1/2021).

Ditambahkan oleh Sarju bahwa setiap RS atau perorangan yang mengajukan Plasma Konvalesen harus masuk ke dalam daftar tunggu, karena stok plasma darah untuk kesembuhan pasien Covid-19 terbatas.

Adapun yang mengajukan plasma yaitu 8 pasien dari RSUD Koesma, 1 pasien dari RSNU, 1 pasien dari RSUD Sosodoro Bojonegoro, 1 pasien dari RSUD Dolopo Madiun, 1 pasien RSUD Soetrasno Rembang, 1 pasiean RSU Karsa Husada Batu, dan 1 pasien RS Mitra Keluarga Surabaya.

"Permintaan plasma yang belum terlayani cukup banyak ada 33, terdiri dari 13 plasma golongan darah A, 15 plasma golongan darah B, dan 5 plasma golongan darah AB," imbuh pria humanis itu.

Sedangkan total yang terlayani ada 35 plasma. Rinciannya 9 plasma golongan darah A, 12 golongan darah B, dan 14 golongan darah O.

Donor plasma perlahan mulai familier bagi para penyintas Covid-19 di Kabupaten Tuban. Tercatat sudah ada 12 pendonor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Pramuka Tuban, Minggu (17/1/2021).

Penyintas Covid-19 yang datang untuk donor tidak hanya dari swasta tapi juga para pekerja industri dan intansi. Mulai dari Semen Gresik, UTSG, TPPI, dan Gasuma Soko.

Perlu diketahui, stok darah di PMI Tuban per tanggal 18 Januari 2021 komponen darah Whole Blood (WB) 13 buah, Packed Red Cell (PRC) 60 buah, Thrombocyte Concrentate (TC) 1 buah, Fresh Frozen Plasma (FFP) 83 buah, dan Plasma Convalescent (PC) 1 buah.

Total stok darah ada 158 buah dengan rincian, 41 golongan darah A, 33 golongan darah B, 63 golongan darah O, dan 21 golongan darah AB. [ali/ono]