Mengulas Sisi Kesehatan Tidur Siang: Mulai dari Dampak Hingga Manfaat

Reporter: -

blokTuban.com - Tidur siang adalah salah satu hal yang sering dilakukan saat tubuh terasa mengantuk dan lelah. Biasanya tidur siang digunakan untuk istirahat sejenak sebelum kembali melakukan aktivitas.

Tidur siang juga dipercaya untuk mendorong energi sehingga saat terbangun kondisi menjadi lebih fit.

Di samping itu, tidur siang juga sering dikaitkan dengan rasa malas. Tidur siang juga dikatakan dapat memberikan dampak buruk bagi orang tersebut. Lalu, mana yang saja manfaat, dampak, serta aturan yang baik dari tidur di siang hari?

Manfaat tidur siang

Tidur siang memiliki berbagai manfaat, terutama untuk orang dewasa. Berbagai manfaat tersebut antara lain:

1. Relaksasi

Banyaknya pikiran mengenai pekerjaan dan sebagainya akan membuat otak stres sehingga tidak bisa fokus melakukan aktivitas. Dengan tidur siang tubuh akan mendapatkan relaksasi baik pada otak maupun fisik. Oleh karena itu, tidur siang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

2. Mengurangi kelelahan

Biasanya banyaknya pekerjaan serta kurang tidur saat malam akan membuat tubuh menjadi lelah. Dengan melakukan tidur siang dapat mengurangi rasa lelah sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat lebih fokus dan efektif.

3. Meningkatkan fokus

Biasanya tidur siang terjadi karena rasa kantuk sehingga tidak bisa fokus. Dengan tidur siang akan membuat seseorang kembali fokus saat terbangun.

4. Suasana hati membaik

Melakukan tidur siang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini karena tidur siang akan membuat otak dan tubuh menjadi lebih rileks.

5. Peningkatan kinerja tubuh dan otak

Tidur siang rupanya dapat membuat reaksi tubuh dan otak menjadi lebih cepat. Selain itu, tidur siang dapat membuat memori menjadi lebih baik.

Dampak tidur siang

Selain memberikan manfaat tidur siang juga juga memberikan dampak negatif antara lain:

1. Inersia tidur

Tidur siang dapat berisiko Inersia tidur, yaitu kondisi pusing, lelah, dan bingung saat bangun. Hal ini sering sekali dirasakan oleh seseorang. Biasanya, orang yang mengalami hal ini karena waktu tidur yang terlalu banyak sehingga menyebabkan rasa pusing, lelah, dan bingung.

2. Mengalami masalah tidur malam

Tidur siang juga dapat mempengaruhi kualitas tidur saat malam, seperti insomnia. Biasanya hal ini terjadi karena tidur siang yang berlebih sehingga saat malam membuat seseorang sulit untuk tidur.

Aturan tidur siang

Tidur siang dapat bermanfaat bagi tubuh jika dilakukan dengan porsi yang pas. Oleh karena itu terdapat aturan atau tips agar tidur siang menjadi bermanfaat.

1. Jaga tidur siang sebentar

Usahakan untuk tidur siang hanya 10 hingga 20 menit. Jika tidur siang dilakukan cukup lama, akan meningkatkan risiko terjadinya inersia dan masalah pada tidur.

2. Jangan tidur siang setelah jam 3 sore

Tidur siang setelah jam 3 sore dapat mengganggu tidur saat malam hari. Selain itu, waktu tidur akan menjadi berantakan. Oleh karena itu usahakan untuk tidak tidur setelah jam 3 sore.

3. Ciptakan lingkungan yang tenang

Tidur siang di ruangan yang tenang akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga saat terbangun tidak pusing dan bingung.

*Sumber: suara.com