BMKG Prediksi Gelombang Tinggi di Perairan Tuban Dua Hari ke Depan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi akan terjadi di Perairan Tuban-Lamongan pada tanggal 5-6 Januari 2021.

"Untuk Perairan Tuban-Lamongan dan wilayah Laut Jawa bagian selatan Bawean ketinggian gelombang berkisar antara 1.25-2.5 meter (kategori sedang)," tulis Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Surabaya, M. Arif Wiyono dalam siaran resmi yang diterima blokTuban.com, Senin (4/1/2021).

Peningkatan tinggi gelombang tersebut disebabkan karena pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan 5-30 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 4-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Sabang, Selat Malaka bagian utara, Laut Natuna utara, dan Perairan Kepulauan Bintan.

"Gelombang 2.5 meter juga berpeluang terjadi di Laut Jawa utara dan selatan Bawean, Laut Jawa barat Masalembo, Perairan utara Madura, Perairan Kepulauan Sapudi, Perairan Kepulauan Kangean, dan S. Madura bagian tengah," imbuhnya.

Untuk saran keselamatan, BMKG meminta pengguna transportasi laut termasuk nelayan untuk memperhatikan resiko keselamatan pelayaran.

Keberadaan awan cumulonimbus (cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang. Ketinggian gelombang diprakirakan berdasarkan gelombang signifikan, dan gelombang maksimum bisa mencapai 2 kali dari gelombang signifikan.

"Kami harap masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap fenomena akibat cuaca buruk tersebut. Sekaligus selalu memantau informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG," pungkasnya. [ali/ito]