Tanggul Berlubang di Widang Telah Diperbaiki

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Plt. Camat Widang, Suwito memastikan tanggul Sungai Bengawan Solo yang sebelumnya dilaporkan berlubang di wilayahnya sekarang telah selesai diperbaiki, Sabtu (2/1/2021).

Kejadian tersebut akibat runtuhnya gorong-gorong HIPPA yang melintas tanggul Bengawan Solo Desa Kedungharjo, Widang. Mulai awal pekan lalu sudah dikerjakan oleh pemerintah desa bersama HIPPA.

Selain itu, didampingi tenaga teknis dari Balai Besar Wilayah Bengawan Solo. "18 Beton Yudit dipasang untuk mengganti gorong-gorong yang rusak," tutur Suwito kepada blokTuban.com.

Mantan Camat Soko ini berharap, semoga perbaikan gorong-gorong tanggul berjalan lancar, cepat selesai dan segera bisa difungsikan lagi untuk pengairan lahan pertanian di wilayah Desa Kedungharjo.

Dikabarkan sebelumnya, di tanggul Sungai Bengawan Solo Desa Kedungharjo, Kecamatan Widang ditemukan lubang sepanjang empat meter pada tanggal 24 Desember 2020 sekitar pukul 23.00 Wib.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban langsung melakukan assesment ke lokasi. Lubang tersebut muncul akibat saluran pompanisasi bis pecah di dalam tanggul.

Dalam laporannya Kalaksa BPBD Tuban, Yudi Irwanto tertulis assesmet berlangsung pada Jumat (25/12/2020) pukul 08.00 Wib. Tanggul berlubang ada di sisi selatan Desa Kedungharjo, Widang.

"Dampak dari pecahnya pompanisasi terjadi lubang pada tanggul dengan lebar 2,5 meter, panjang 4 m kedalamam 3,70 m," ujar Kalaksa BPBD Tuban.

Atas kejadian ini, BPBD Tuban bersama Pemdes dan Forkopimka Widang melakukan assessment ke lokasi kejadian. Sekaligus koordinasi bersama pemdes, BBWS Bengawan Solo dan Forkopimka. [ali/rom]