Terbaru, Ini 5 Gejala Virus Corona Paling Umum pada Anak-Anak!

Reporter: -

blokTuban.com - Anak-anak mungkin akan melalui perjuangan yang cukup sulit ketika terinfeksi virus corona Covid-19. Apalagi anak-anak juga tidak masuk dalam daftar prioritas yang akan mendapatkan vaksin Covid-19.

Padahal penelitian baru menunjukkan bahwa strain baru virus corona Covid-19 berpotensi menimbulkan komplikasi dan lebih berisiko pada anak-anak. Artinya, anak-anak akan lebih rentan terinfeksi varian baru virus corona.

Meskipun banyak anak yang terinfeksi virus corona bisa menunjukkan gejala berbeda dengan orang dewasa, mereka juga bisa mengalami batuk yang tidak terlalu parah, memperlambat perkembangan gejala dan meningkatkan respons antibodi yang lebih lemah.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga kasus virus corona Covid-19 pediatrik bersifat asimptomatik. Namun, ada juga prevalensi gejala yang tinggi di antara anak-anak kecil, beberapa di antaranya mungkin memiliki gejala berbeda dengan orang dewasa.

Karena, anak-anak juga bisa menularkan viral load untuk waktu yang lebih lama. Sehingga penting untuk menjaga anak-anak tetap aman dan terlindungi dengan baik sebelum mendapatkan akses vaksinasi.

Berikut ini dilansir dari Time of India, beberapa gejala virus corona Covid-19 yang paling umum memengaruhi anak-anak.

1. Batuk

Sama seperti orang dewasa, anak-anak yang terinfeksi virus corona bisa mengalami batuk kering dan sakit tenggorokan. Batuk juga tanda infeksi Covid-19 paling umum di antara orang dewasa, yakni 75-80 persen.

2. Pilek

Pilek dengan tenggorokan tersumbat juga bisa menjadi tanda awal infeksi virus corona Covid-19. Tapi, dokter juga mengatakan bahwa pilek bisa menjadi gejala influenza yang merupakan keluhan umum pada anak-anak.

3. Ruam kulit

Ruam kulit juga merupakan gejala virus corona Covid-19 yang bisa menyerang anak-anak.  Sama dengan chilblains, munculnya kemerahan yang tidak biasa, ruam inflamasi, kulit gatal, dan jari tangan serta kaki yang bengkak bisa jadi tanda peringatan virus corona.

4. Sakit kepala

Sakit kepala inflamasi dan nyeri di antara anak-anak bisa jadi gejala virus corona Covid-19. Sakit kepala bisa menjadi efek samping tidak menyenangkan yang mungkin harus dihadapi anak-anak. Dibandingkan dengan 14 persen orang dewasa, sakit kepala memengaruhi lebih dari 55 persen anak yang positif virus corona.

5. Sakit perut

Diare, sakit perut, kram perut, kesulitan makan, dan mual juga beberapa gejalavirus corona yang umum di antara anak-anak. Sementara itu, masalah usus dan perut cenderung lebih sering menyerang orang dewasa yang terinfeksi virus corona.

*Sumber: suara.com