400 Personel Dikerahkan, Ratusan Rapid Tes Disiapkan Bagi yang Berkerumun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 400 personel gabungan dari Polri-TNI, Satpol PP, Dishub serta dinas terkait dikerahkan dalam rangka mengamankan perayaan malam Tahun Baru 2021.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono usai memimpin apel persiapan pengamanan malam Tahun Baru 2021 di lapangan belakang mapolres setempat, Kamis (31/12/2021) sore.

"Sore ini kita menggelar apel persiapan pengamanan malam tahun baru 2021. Ada 400 personel gabungan yang kita kerahkan," terang Kapolres Tuban.

Lebih lanjut, mantan Kapolres Madiun itu mengimbau kepada masyarakat agar tidak merayakan malam pergantian Tahun Baru 2021 dengan berlebihan. Mengingat saat ini Kabupaten Tuban masih zona merah persebaran Covid-19.

Maka dari itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban memberlakukan jam malam mulai pukul 20.00 WIB-04.00 WIB saat malam pergantian tahun. Selain itu, melarang kegiatan perayaan tahun baru yang menimbulkan kerumunan.

Dan bila nanti saat patroli skala besar  bersama personel gabungan masih ditemukan kerumunan-kerumunan, maka akan dibubarkan dan akan dilakukan Rapid Tes Covid-19.

"Masyarakat disarankan malam tahun baru di rumah saja. Kemudian setiap kerumunan yang kita temukan nanti akan kita bubarkan dan dilakukan Rapid Tes. Kita bersama Dinkes sudah menyiapkan ratusan Rapid Tes dan apabila nanti ditemukan reaktif akan kita tindak lanjuti," sambung Kapolres.

Selanjutnya, kegiatan konvoi dan arak-arakan kendaraan bermotor juga akan dilarang. Untuk itu, personel gabungan akan melakukan penyekatan semua jalur perbatasan masuk Tuban dan akses masuk Kota Tuban.

Diantaranya, Simpang Tiga Terminal Wisata Tuban, Simpang Tiga Manunggal Utara dan Selatan, Simpang Empat Pabrik Kapur, Simpang Empat Karang Waru, Simpang Empat Pramuka, Bogorejo, Al-Falah dan penyekatan di Gang Merik.[hud/rom]