Gotong Royong Jadi Kunci Hadapi Pandemi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Banyak pelajaran yang bisa diambil selama Pandemi Covid-19 melanda. Satu di antaranya adalah gotong royong. Sebab penanganan virus Corona tersebut harus dilakukan secara kolaborasi yang erat antar elemen.

"Yuk kita jadikan pandemi ini sebagai pelajaran sekaligus peringatan bahwa nenek moyang kita itu menjunjung tinggi gotong royong, peduli dengan sesama," ujar Direktur RSUD Ali Manshur Jatirogo Kabupaten Tuban, dr. Noor Istichawari kepada blokTuban.com, Kamis (24/11/2020).

Wanita humanis tersebut juga mengajak masyarakat Tuban khususnya untuk kembali uri-uri (melestarikan) budaya gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu, untuk mencegah penularan virus ia menghimbau disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) wajib diterapkan.

"kita uri-uri lagi budaya nenek moyang kita ini. Selain itu kita harus peduli ke sesama dengan selalu pakai masker, tidak berkerumun, dan cuci tangan pakai sabun," imbuhnya.

Ketika ada tetangga atau kerabat yang terpapar Covid, dr. Istichawari berpesan agar tidak membully atau mengucilkannya. Justru mereka harus ditolong dengan cara membantu segala kebutuhannya sehari-hari.

Masih kata dia, jika seseorang dinyatakan sembuh dari Covid, diharapkan rela mendonorkan Plasma Konvalesen. Sebab, terapi Plasma Konvalensen untuk pasien Covid-19 dinilai memiliki tingkat kesembuhan 99 persen.

"Jika ada tetangga atau saudara yang kena Covid jangan dibully atau dikucilkan, tapi justru dibantu segala kebutuhan sehari-hari mereka dengan cara gotong-royong warga agar yang sakit tidak perlu keluar rumah sampai 11 hari. Kemudian setelah sembuh, pergi ke PMI untuk dicek apakah darahnya memenuhi syarat donor plasma bagi yang sakit berat," tandasnya.

Ia yakin masyarakat Indonesia, khususnya Tuban mampu melalui pandemi ini dengan riang gembira. Jika gotong-royong benar-benar berjalan, ia mengklaim pandemi akan berakhir dengan happy. 

"Kita harus yakin tata pola masyarakat harus berubah menjadi lebih peduli dan gotong royong yang tinggi," pungkasnya. [rof/col]