Jelang Libur Nataru, Sopir dan Penumpang Kendaraan Dites Narkoba

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Sejumlah kendaraan angkutan umum maupun pribadi pada Rabu (23/12/2020) pagi yang memasuki area Terminal Kambang Putih Tuban di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu dihentikan petugas.

Pengemudi dan beberapa penumpang diminta turun untuk diperiksa barang bawaannya. Selanjutnya diminta berbaris untuk menunggu antrean tes urine. Dengan tetap disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker dan tidak berkerumun.

Operasi simpatik bersih narkoba dalam rangka libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, melibatkan Pemerintah Kabupaten Tuban, Polres, Dishub, dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban. Selain deteksi dini penyalahgunaan narkoba, petugas juga memeriksa keselamatan kendaraan, pengemudi atau penumpang angkutan umum.

“Operasi simpatik gabungan ini mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba bagi pengemudi dan penumpang angkutan umum,” ucap Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana kepada blokTuban.com disela operasi.

Dari target 100 orang yang akan diperiksa, petugas telah memeriksa 80 orang. Hasil tes urine mereka dengan parameter 6 dinyatakan negatif atau bebas narkoba. Hasil operasi kali ini secara umum, menurut Made baik.

Sementara pemeriksa kendaraan ditangani oleh Dinas Perhubungan Tuban. Perwakilan Dishub yang bertanggung di Terminal Kambang Putih Tuban, Koesdiono menjelaskan, semua surat kendaraan telah diperiksa petugas satu persatu. Selain itu, petugas mengingatkan semua pengemudi dan penumpang untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kendaraan yang diperiksa dinyatakan layak dan dalam kondisi baik,” tandasnya. [ali/rom]