PRKP Tuban Uji Fungsi Pamsimas Desa Sokosari

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tuban bersama perwakilan Kecamatan Soko, serta Kepala Desa Sokosari hari ini melaksanakan uji coba fungsi pengaliran Program Persediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Dusun Losari, Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Senin (21/12/2020).

Perwakilan Dinas PRKP Tuban, Aizah Tis Isnawati pada kesempatam ini mengungkapkan bahwa Pamasimas merupakan bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Tuban untuk ketersediaan air bersih dan air minum, agar bisa dijangkau lebih dekat oleh masyarakat.

"Untuk Tahun 2020 ini, terdapat 20 titik yang dilaksanakan program Pamsimas. Dan untuk uji fungsi yang ada di titik Desa Sokosari, berjalan lancar dengan kualitas air yang sangat bersih," ucap Aizah.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Sokosari, Edi Purnomo mengatakan, sumber mata air Pamsimas yang ada di Dusun Losari ini kegiatannya dimulai dalam proses pembangunan pada bulan Agustus 2020 lalu.

"Air yang berada di dalam sumber mata air diangkat ke atas dengan mesin pompa listrik. Selanjutnya air yang sudah terangkat ditampung oleh tandon yang sudah disiapkan, dialirkan ke rumah warga melalui pipa paralon yang juga sudah dipasang," papar Kades Sokosari.

Pihaknya berharap agar nantinya masyarakat bisa memanfaatkan sarana air bersih Pamsimas ini dengan lebih baik dan digunakan sewajarnya.

"Nantinya Pamsimas yang sudah selesai pembangunannya ini, bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar. Khususnya di Dusun Losari Desa Sokosari," timpal Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Asoka Mandiri, Agus Khubaid. [feb/rom]