Belum Diresmikan, Komunitas ini Hijaukan Ring Road dengan Pohon Trembesi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki Jalan Lingkar Selatan (JLS) atau Ring Road sepanjang 19 Kilometer. Proyek yang didanai APBD dikerjakan dua tahap, membentang dari Desa Tunah, Kecamatan Semanding hingga Kelurahan Mondokan, Kecamatan Kota.

Karena masih proses finishing di akhir 2020, jalan yang dibangun sebagai pengurai kemacetan di Tuban masih gersang. Kondisi ini kemudian mendorong Komunitas Peduli Aliran Sungai (Kompas) Tuban melakukan penghijauan.

"Aksi penanaman pohon di Ring Road ini sebagai bentuk kepedulian alam," ucap pengurus Kompas, Hadi Purwanto kepada blokTuban.com, Minggu (20/12/2020).

Jenis pohon yang ditanam komunitas ini adalah Trembesi. Pemilihan jenis ini karena rimbun dan bagus ditanam di pinggir jalan lingkar.

Dijelaskan Hadi bahwa aksi peduli alam ini murni swadaya pengurus Kompas. Dimana sepanjang ring road rencananya akan ditanami 1.000 bibit pohon Trembesi.

"Selain aksi tanam pohon, komunitas kami memiliki kegiatan rutin tiap hari minggu yaitu bersih bersih kali," terang pria yang aktif di Desa Militan (Demit).

Hadi juga mendorong seluruh warga untuk peduli lingkungan. Menanam pohon merupakan kegiatan penting untuk masa depan, karena pohon adalah penghasil oksigen.

Sebagaimana diketahui, pohon Trembesi memiliki nama ilmiah Albizia saman. Dilansir dari Bobo.id tertulis Trembesi berasal dari Amerika. Pohon ini memiliki batang besar dan tinggi, batangnya bisa tumbuh hingga 30 meter. [ali/ito]