Bertahan di Era New Normal, BUMD RSM Diganjar Penghargaan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Tuban PT Ronggolawe Sukses Mandiri (RSM) diganjar penghargaan tingkat nasional karena dinilai mampu bertahan di era new normal.

Penghargaan diterima oleh BUMD milik Pemerintan Kabupaten Tuban pada Jumat, 18 Desember 2020 di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Kategori jenis penghargaan RSM adalah Indonesia The Most Trusted Company of The Year 2020. Salah satu parameternya adalah dapat bertahan atau survival di masa pandemi atau era new normal.

Dengan menggunakan indikasi kualitatif mengalami peningkatan kinerja dalam satuan bentuk prosentase. Seperti halnya perbaikan omzet dan income perusahaan di masa pandemi. Ditambah tingkat kepercayaan mitra kerja dan klien perusahaan yang diuji melalui seleksi dan kualifikasi dengan mengambil sampling rekanan dan mitra perusahaan.

"Sebagaimana disampaikan oleh Founder Indonesia Quality Satisfaction Award, bahwa seleksi ini dilakukan untuk melihat seberapa besar kemampuan perusahaan bisa bertahan di masa pandemi atau di era new normal. Dengan tidak mengurangi service & garansi mutu kepada mitra kerja atau klien masing-masing perusahaan," ujar Yuli Nurliana selaku Ketua Penyelenggara Indonesia Quality Satisfaction Award ini dalam sambutannya dihadapan beberapa CEO perusahaan dan Direktur BUMN yang hadir.

Dalam pemaparannya, Yuliana mengungkapkan sebagian perusahaan yang lolos kualifikasi dan seleksi berhak menerima penghargaan atas kinerja mutu ini. Selain PT RSM Kabupaten Tuban, ada juga BUMN PT Perkebunan Nusantara VI, PT Srikandhi Jayatama Indonesia, Asosiasi Penambangan Nikel Indonesia, PT Sari International Group, PT Fresh Water Hillyuda dan beberapa perusahaan swasta nasional lainnya menerima penghargaan.

"Semoga dapat menjadi pioneer atau pemicu bagi perusahaan lokal lainnya untuk terus mengembangkan dan memperbaiki kinerja bisnis perusahaan di masa pandemi ini. Dimana justru banyak sekali perusahaan yang terpaksa gulung tikar saat ini," imbuh Yuli Nurliana.

Amin Jaya Direktur PT RSM mengaku tidak menyangka dan di luar ekspektasi bisa lolos seleksi. Pertama, prosesnya tidak mudah dimana pengambilan sampling rekanan perusahaan, kemudian tim melakukan interview langsung untuk menilai komitmen kami dalam bisnis. Terakhir menilai perkembangan kinerja perusahaan dari tahun sebelumnya dibanding tahun ini.

"Cukup terkejut sih, ketika ada pemberitahuan bahwa PT RSM lolos seleksi sebagai perusahaan lokal yang bisa bertahan di era new normal dengan tetap menjaga konsistensi pelayanan terbaik kami kepada semua vendor dan klien kami," sambung Amin kepada blokTuban.com, Sabtu (19/12/2020). 

Dia berharap semoga anugerah ini dapat lebih memotivasi lebih kuat lagi untuk membenahi kinerja di semua lini perusahaan RSM. Sekaligus menjadi tantangan lebih kuat lagi menghadapi situasi bisnis yang makin unpredictable. [ali/rom]