Warga Semanding Mulai Berburu Entung Jati

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hari terakhir ini sejumlah warga dan anak-anak di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mulai berburu Kepompong Ulat (Entung) Jati, Rabu (16/12/2020).

Sejumlah warga dan anak-anak tersebut berburu Entung Jati di kawasan Hutan Pakah desa setempat. Hasilnya, entung jati yang dikumpulkan tersebut dimasak sendiri dan dijual kepada pecinta kuliner dengan harga Rp70 per kilogram.

Salah satu pencari Entung Jati asal Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Heni (19) mengatakan, aktivitas mencari entung jati ditengah hutan tersebut sudah dilakukan bersama beberapa warga yang lain sekitar dua hari ini.

"Iya sekarang sudah mulai musim Entung Jati. Saya sudah sekitar dua hari ini saya mencarinya," terang Heni.

Dia mengaku, dalam sehari dia bisa mengumpulkan sekitar 2 kilogram Entung Jati bila cuaca tidak hujan. Selanjutnya hasil pencariannya dikumpulkan kemudian dimasak untuk dibuat lauk dan selebihnya dijual.

"Terkadang sehari bisa dapat 2 kilogram, biasanya digoreng di rumah dan kadang juga dijual Rp70 ribu per kilogram," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pelajar Sekolah Dasar (SD) yang juga berburu Entung Jati Sela (10) mengatakan, aktifitas memburu Entung Jati ini dilakukan untuk mengisi waktu libur sekolah pada masa pandemi Covid-19.

"Sekarang libur sekolah, sehingga saya mencari Entung Jati. Hasilnya nanti mau saya jual," pungkas Sela.[hud/col]