BMKG Raih Penghargaan internasional WMO Award 2020

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Aplikasi Info BMKG memenangkan penghargaan Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) International Weather Award Apps Award 2020, yang merupakan ajang bergengsi bagi para developer aplikasi yang bergerak di bidang cuaca di dunia, Rabu (16/12/2020) dalam siaran resmi yang diterima blokTuban.com. 

"Penghargaan ini bentuk pengakuan dunia internasional terhadap BMKG. Penghargaan ini berhasil diraih berkat kerja keras semuanya," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta. 

Aplikasi Info BMKG memenangkan kategori Weather information for sectoral/specialised users (aviation, marine, health, others). Pengumuman pemenang tersebut diselenggarakan secara virtual pada Selasa (15/12/2020). 

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh insan BMKG dengan menggunakan open data BMKG dan dapat diunduh secara gratis di Apps Store serta Google Play.

Dimulai sejak 2016, fitur dalam aplikasi Info BMKG pun terus dikembangkan, terakhir dengan menambahkan fitur dual bahasa yaitu Indonesia dan Inggris sehingga harapannya ke depan aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan di dunia.

Hingga saat ini, Info BMKG telah di unduh sebanyak 6.640.000 pengguna berbasis android dan 572.000 pengguna iOS. 

Melalui Info BMKG, masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi tentang cuaca, gempa, peta iklim, kualitas udara, cuaca maritim, cuaca bandara, titik panas, peringatan dini dan lainnya.

"Masyarakat juga mendapatkan informasi secara cepat, real time, tepat, akurat serta luas jangkauannya dan mudah dipahami," imbuhnya. 

Info BMKG menyajikan informasi prakiraan cuaca dalam 7 harian di seluruh kecamatan di Indonesia. Untuk Gempabumi, aplikasi ini menginformasikan gempabumi terkini dengan magnitudo di atas 5.0 dan gempabumi dirasakan, disertai jarak lokasi gempa. 

Informasi Iklim yang disajikan di antaranya Hari Tanpa Hujan, Prakiraan Hujan Bulanan dan Analisis Hujan Bulanan. Selain itu juga menyajikan informasi cuaca maritim berupa etinggian gelombang laut di wilayah Perairan Indonesia. 

"Aplikasi ini juga dilengkapi informasi cuaca penerbangan yang secara aktual disajikan hingga 4 jam ke depan untuk bandara di Indonesia. Serta menyajikan informasi mengenai potensi kebakaran hutan dan lahan dan titik panas (hotspot)," tambahnya. 

Di momen tertentu, Info BMKG juga menyajikan informasi cuaca jalur mudik untuk kota-kota yang dilewati jalur mudik yang hanya ditampilkan ketika momen mudik serta informasi cuaca untuk event/acara tertentu. [ali/col]