Ada 56 Kasus Baru, Jumlah Terkonfirmasi Positif Covid-19 jadi 1.079 Kasus

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hari ini pukul 18.00 Wib ada tambahan 56 kasus baru positif Covid-19, sehingga total terkonfirmasi positif di Kabupaten Tuban menjadi 1.079 kasus, Sabtu (12/12/2020).

Seluruh masyarakat diminta untuk terus disiplin terhadap protokol kesehatan 3 M yaitu, memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman atau menghindari kerumunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan corona. Meskipun vaksin sudah ada, ketika keluar rumah wajib membiasakan diri melindungi dengan masker.

"Tingginya kasus corona di Tuban sepekan ini cerminan masyarakat yang tidak peduli dan abai protokol kesehatan," ucapnya.

Dari 1.079 kasus positif, untuk jumlah pasien yang sembuh per hari ini ada 678 orang. Sedangkan yang meninggal dunia ada 109 orang, dirawat 292 orang, dan 16 orang suspek.

Bambang juga memprediksi jika pekan depan, status Kabupaten Tuban akan berubah menjadi merah dari sebelumnya orange. Artinya zona merah Tuban kembali menjadi wilayah dengan sebaran virus tinggi.

Dalam waktu itulah, Pemerintah Kabupaten Tuban akan kembali memberlakukan jam malam atau pembatasan aktifitas ekonomi pada pukul 21.00 Wib. Kebijakan ini pernah diterapkan dan berhasil menurunkan sebaran virus.

"Kebijakan ini efektif ketika didukung semua pihak. Karena kunci dari penanganan pandemi adalah disiplin," imbuhnya.

Selain itu, penegakan hukum bermasker juga akan digalakkan lagi. Baik di pusat ekonomi seperti pasar, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) hingga area wisata.

Untuk penutupan area wisata, Bambang belum menyebutkan apakah berlaku karena butuh kajian dan pertimbangan dari berbagai pemangku kebijakan dan pelaku di lapangan. [ali/ito]