Pecah Rekor, Sehari 33 Warga Tuban Positif Terpapar Corona

Reporter: Koirul Huda

blokTuban.com - Jumlah penambahan  kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru di Kabupaten Tuban hingga saat ini masih terus terjadi. Bahkan, penambahan signifikan terjadi pada hari ini, Senin (7/12/2020).

Pasalnya, berdasarkan rilis dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tuban, penambahan kasus terkonfirmasi positif per 7 Desember 2020 mencapai 33 orang. Hal itu menjadi rekor penambahan terbanyak selama Kabupaten Tuban dilanda wabah Covid-19.

"Iya hari ini penambahan kasus terkonfirmasi positif baru 33 orang," terang Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati saat dikonfirmasi.

Adapun rincian dari 33 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru, yakni 9 orang di Kecamatan Tuban, 4 orang di Kecamatan Semanding, 4 orang di Kecamatan Palang, 3 orang di Kecamatan Kenduruan, 2 orang di Kecamatan Jenu, 2 orang di Kevmcamatan Jatirogo dan 1 orang di masing-masing Kecamatan Widang, Plumpang, Grabagan, Kerek, Montong, Singgahan, Senori, Rengel dan Bancar.

Menurutnya, beberapa hari terakhir ini jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif baru sangat tinggi. Hal itu dikarenakan terjadinya Transmisi Lokal (paparan virus dari lingkungan masyarakat itu sendiri) sehingga penularan terjadi sangat cepat.

"Banyak terjadi transmisi lokal, di samping itu masyarakat kurang rapi dalam menerapkan Protokol Kesehatan," jelas Endah yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban tersebut.

 

Dia mengimbau, agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

 

Sekadar diketahui, berdasarkan update persebaran Covid-19 terbaru per 7 Desember 2020 jumlah Suspect yang masih dipantau ada 14 orang, kemudian jumlah komulatif terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 861 orang, jumlah komulatif sembuh 659 orang, kemudian jumlah komulatif meninggal dunia 95 orang dan jumlah yang masih dirawat sebanyak 107 orang.[hud/lis]