MPC Pemuda Pancasila Tuban Siap Kawal Pemungutan Suara
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Tuban menggelar apel persiapan pemungutan suara di Kantor MPC Pemuda Pancasila Jalan Asrama Haji kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, Sabtu (5/12/2020).
 
Apel yang diikuti perwakilan kader dari masing-masing Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila se-Kabupaten Tuban tersebut bertujua untuk persiapan mengawal jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Tuban yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
 
Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tuban, Mukaffi Makki menyampaikan, menjelang hari pemunggutan suara, biasanya marak bentuk-bentuk kecurangan Pilkada yang nampak di masyarakat. Dikhawatirkan hal itu memicu konflik di dalam masyarakat.  
 
“Saya harap hadirnya seluruh kader Pemuda Pancasila se-Kabupaten Tuban bersama-sama menjadi garda terdepan berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada,” imbuhnya.
 
Dijelaskannya, jika partisipasi kader Pemuda Pancasila, itu dalam rangka menciptakan Pilkada yang kondusif, tentram dan bisa meminimalisir adanya hal-hal bisa menciderai demokrasi di masyarakat awam. 
 
“Ini intruksi langsung dari pusat, jadi kita wajib menjalankannya. Saya kira secara hati yang tulus, tentu kader Pemuda Pancasila memiliki keinginan yang kuat pula, membuat Pilkada ini tanpa diwarnai kecurangan,” jelas Gus Kaffi.
 
Gus Kaffi juga berpesan untuk semua kader tetap solid dan menjalin komunikasi secara aktif. Hal itu menurutnya, kunci sinergi yang harus dibangun antar kader dan pengurus. 
 
“Kunci Pengawasan Pilkada itu komunikasi, jika di lapangan ada dugaan pelanggaran, maka harus kita lakukan tindakan sesuai prosedur yang ada,” imbuhnya.
 
Harapan besar MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tuban, seluruh kader di daerah masing-masing menjadi embrio para pengawas pilkada yang menjunjung tingi nilai-nilai demokrasi yang ada di Indonesia. "Disinilah peran Pemuda Pancasila harus menjadi contoh, mengajak masyarakat berpartipasi aktif dalam pengawasan Pilkada,” pungkasnya.[hud/ito]