Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tren kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban hingga saat ini belum nampak adanya tanda-tanda penurunan. Bahkan tercatat, selama tiga hari di Bulan Desember 2020 jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak 22 orang.

Menanggapi terkait hal itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyah mengungkapkan, meningkatnya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini dikarenakan masyarakat kurang patuh dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

"Iya, lebih tepatnya masyarakat kurang rapi dalam menerapkan Prokes. Sering kita jumpai sudah pakai masker, tetapi maskernya sering dibuka sehingga kurang efektif," terang Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Kamis (3/11/2020).

Lebih lanjut, menurut Endah yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan tersebut, hingga saat ini Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban terus melakukan upaya komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat agar selalu patuh Prokes.

Disamping itu, Tim Satgas Covid-19 juga terus melakukan upaya penegakkan hukum Prokes, sesuai Peraturan Bupati Tuban No 65 tahun 2020  serta INPRES NO 6 TH 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"Komunikasi, informasi dan Edukasi kepada masyarakat akan terus diupayakan. Selain itu juga penegakan peraturan perundang-undangan," pungkas Endah.

Sebatas diketahui, berdasarkan sebaran covid-19 yang resmi di rilis oleh Pemkab Tuban, selama 3 hari di Bulan Desember jumlah terkonfirmasi positif baru bertambah sebanyak 22 orang, dengan rincian per 1 Desember 2020 bertambah sebanyak 7 orang, per 2 Desember bertambah sebanyak 9 orang dan per 3 Desember bertambah sebanyak 6 orang.

Sedangkan, berdasarkan upadate terbaru per 3 Desember 2020 jumlah komulatif terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 808 orang, jumlah komulatif sembuh 629 orang, kemudian jumlah komulatif meninggal dunia 93 orang dan jumlah yang masih dirawat sebanyak 86 orang. Hal itu membuat Kabupaten Tuban tetap bertahan di zona orange.[hud/rom]