Begini Harapan Kades, Setelah Ganjar Pranowo Datangi Makam Sunan Bejagung
Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com -Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Sabtu (28/11/2020) lalu ziarah ke makam Sunan Bejagung Lor, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding. Kedatangan Ganjar juga didampingi calon bupati (cabup) Tuban Setiajit yang diberangkatkan gabungan partai yang salah satunya PDI Perjuangan.

Ganjar yang juga kader PDI Perjuangan tersebut didampingi pimpinan DPC PDI Perjuangan Tuban dan anggota DPR RI asal Jawa Tengah Paryono.

Di kompleks makam wali sepuh tersebut, Ganjar berziarah dengan langsung masuk ke cungkup makam. Serta tabur bunga di pusara makam Sunan Bejagung Lor.

Usai nyekar, Ganjar termasuk Setiajit menimba air di sumur keramat yang konon dibuat oleh Sang Wali. Ganjar membasuh muka dengan air dari sumur sedalam sekitar 20 meter tersebut.

Bahkan Setiajit tak hanya membasuh muka, namun juga meminum langsung air sumur itu. Selama ini banyak orang yang sengaja mengambil air dari sumur tersebut karena diyakini berkhasiat.

Selesai membasuh muka dengan air sumur keramat, dilanjutkan dengan kendurian bersama warga.Tempatnya di joglo kompleks makam. Sejumlah tumpeng disediakan warga untuk kendurian tersebut.

"Warga sangat bahagia dan merasa terhormat dikunjungi Pak Gubernur dan calon bupati Tuban," ujar Kades Bejagung Aang Sutan Siregar.

Usai kendurian karena sudah masuk waktu Magrib, Ganjar dan Setiajit serta rombongan salat magrib di masjid desa yang cukup megah di kompleks makam.

Ganjar Pranowo mengatakan, makam Sunan Bejagung Lor adalah salah satu situs budaya yang harus dipelihara, dijaga dan diperhatikan.

"Harus dijaga agar tetap lestari. Pemerintah harus memberi perhatian," kata Ganjar.

Kades Aang Sutan juga berharap ada perhatian pemerintah untuk pengembangan makam agar lebih baik lagi. Selama ini pengunjung makam sudah banyak. Sehingga perlu pengembangan makam.

"Saya berharap pemerintah peduli pengembangan salah satu situs budaya dan religi ini," harap Aang Sutan.

Sementara, Setiajit mengatakan saat dia menjadi bupati nanti pelestarian dan pengembangan seni budaya menjadi salah satu program yang akan dilaksanakan.

Makam Sunan Bejagung Lor adalah salah satu kekayaan budaya religi yang harus dilestarikan. Karena itu, pemerintah akan mengambil bagian untuk membantu pengembangan situs-situs budaya tersebut.

"Tentu saja pemerintah harus hadir untuk pengembangan situs budaya seperti ini. Dan nanti saya akan lakukan itu kalau jadi bupati Tuban nanti," tandasnya. [hud/ono]