Kasus Covid-19 Bertambah, CFD Libur Lagi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban telah menerbitkan surat nomor 518/6092/414.108/2020 tentang penutupan sementara Car Free Day (CFD) tertanggal 19 November 2020.

Surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana menjelaskan berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 6 tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Berbagai langkah telah dilakukan secara sistematis dan masif, maka diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, dan terpadu antara pemerintah daerah dan gugus tugas kabupaten dalam menyikapi kebijakan tersebut untuk diatati guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban yang dalam minggu ini mengalami penambahan yang cukup tinggi.

Oleh karenanya, pelaksanaan Car Free Day (CFD) pada tanggal 22 November 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut akan diliburkan. Permohonan bantuan personil dan kelengkapannya akan diberitahukan kembali apabila keadaan sudah kondusif.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya menjelaskan CFD telah dilakukan uji coba dua kali. Skemanya dengan jaga jarak antara pedagang 1 meter lebih, penyediaan fasilitas cuci tangan, dan penataan produk makanan minuman yang higenis.

"Dua kali telah kami uji coba dan akhirnya ada surat penutupan lagi," ucap Agus kepada blokTuban.com.

GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban kembali ramai, setelah Car Free Day (CFD) dibuka pada Minggu (8/11) pagi. Masyarakat yang kangen akan keramaian sontak memadati sepanjang Jalan Sunan Kalijaga hingga Patung Letda Soecipto.

Pelaksanaan CFD hari pertama dipantau langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya. Agus berkeliling melihat para pedagang yang diwajibkan mengubah perilaku sesuai protokol kesehatan.

Diketahui, CFD menjadi pusat keramaian di Kabupaten Tuban yang paling akhir dibuka. Setelah wisata dibuka untuk umum, pasar di Minggu pagi dirancang dengan taat protokol kesehatan.

CFD ditutup pertama kali ketika Kabupaten Tuban berstatus zona merah atau resiko sebaran tinggi. Sekarang Tuban masih status oranye atau resiko sedang sebaran Covid-19. [ali/rom]