Hindari Kerumunan, KPU Tuban Butuh 100 Tenaga Sortir Surat Suara

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban membutuhkan sekitar 100 orang tenaga sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban Serentak Lanjutan Tahun 2020.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Iksan usai menggelar kegiatan Bimtek pengelolaan logistik bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di gedung KSPKP Tuban, Rabu (18/11/2020).

"Kira-kira nanti sekitar 100 orang untuk sortir dan pelipatan surat suara," kata Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Iksan.

Menurutnya, dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada tahapan sortir serta pelipatan surat suara, petugas harus menerapkan Protokol Kesehatan mulai menggunakan masker hingga menjaga jarak.

"Jadi untuk menghindari kerumunan ketika tahapan sortir dan pelipatan surat suara, petugas harus menjaga jarak dan pakai masker," jelasnya.

Sementara itu, terkait persiapan logistik Alat Pelindung Diri (APD) hingga saat ini KPU Tuban mengaku sudah siap 90 persen. Sehingga pendistribusian akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sedangkan untuk pengadaan logistik keperluan pemilihan KPU Kabupaten Tuban sudah siap 60-70 persen dan saat ini masih proses merakit kotak suara.

Dia berharap, masyarakat tidak perlu ragu untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang. Sebab, penyelenggara pemilu telah melakukan persiapan dengan maksimal untuk pelaksanaan Pilkada pada masa pandemi ini.

"Kami berharap masyarakat tidak ragu untung datang ke TPS, karena penyelenggara pemilu telah menyiapkan segalanya dengan maksimal," pungkasnya.[hud/ito]