Susuri Sungai Bengawan Solo, Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pilkada

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Upaya meningkatkan peran masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada Tuban 9 Desember 2020, terus dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban, Senin (16/11/2020).

Sosialisasi dilakukan melalui forum warga. Tujuan dilibatkannya masyarakat dalam pengawasan untuk menciptakan pesta demokrasi yang jujur dan bersih dari kecurangan.

Salah satu forum warga di Desa Campurejo pada Sabtu (14/11 siang. Koordiv SDM Bawaslu Tuban, Marpuah menjelaskan terkait kelembagaan Bawaslu serta menyampaikan terkait persiapan pelaksanaan pilkada yang memasuk H-25.

“Kita berharap dengan forum seperti ini masyarakat akan semakin cerdas dalam memposisikan diri baik ketika di TPS maupun pada proses sebelum pemungutan dan penghitungan suara, seperti adanya pelanggaran dan sebagainya masyarakat bisa ikut berpartisipasi tidak hanya memilih tapi juga ikut mengawasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, forum warga kali ini di laksanakan di desa yang jangkauannya di tempuh dengan perahu penyeberangan karena ada diseberang Sungai Bengawan Solo. Daerah-daerah tersebut atau yang sulit di jangkau tetap diperhatikan Bawaslu.

Marpuah menambahkan forum warga merupakan model baru dalam perencanaan pengawasan partisipatif. Dharapkan dapat menciptakan karakter pengawasan Pemilu melekat pada masyarakat.

Forum tersebut juga bisa menjadi ajang mobilisasi pemahaman, pengetahuan, argumen, dan ide menuju terbangunnya pemahaman tugas fungsi dan kewajiban Bawaslu.

"Kami minta warga nantinya tidak takut untuk melaporkan kepada petugas, apabila mengetahui adanya kecurangan di wilayahanya," harapnya.

Senada dengan Bawaslu Tuban, Kepala Desa Campurejo Kecamatan Rengel, Supriyanto sangat berterimakasih kepada jajaran Bawaslu Tuban telah mau mengunjungi desanya, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam Pemilukada tahun ini.

"Adanya forum seperti ini kita semua bisa mendapatkan pemimpin yang baik untuk Tuban 5 tahun mendatang supaya masyarakat bisa hidup sejahtera lahir dan batin," tandasnya. [ali/rom]