Meski Telah Hujan, 4 Desa Masih Butuh Penyaluran Air

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Meskipun hujan telah mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Tuban, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban masih terus melakukan penyaluran air bersih. BPBD menyebutkan masih ada 4 kecamatan yang membutuhkan air bersih.

Kalaska BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, masih ada 4 kecamatan yang masih membutuhkan droping air bersih yaitu, Kecamatan Semanding; Desa Semanding; Desa Sambongrejo dan Desa Jadi. 

Kecamatan Montong; Desa Jetak; Desa Tanggulangin. Kecamatan Parengan; Desa Pacing; Desa Kumpulrejo dan Kecamatan Jatirogo; Desa Bader.

"Tinggal 4 Kecamatan tersebut yang membutuhkan penyaluran air,"ujar Yudi Irwanto. Rabu(11/11/2020).

Wilayah - wilayah lainnya yang rawan kekeringan sudah mulai tercukupi air bersihnya mengingat curah hujan sudah mulai meningkat sehingga tampung air warga sudah terisi. Seperti wilayah yang langganan kekeringan di antaranya Kecamatan Grabagan, Parengan dan Senori kini ketiganya tidak lagi mengajukan bantuan air bersih.

"Sebagian Kecamatan sudah minta dihentikan dropping air karena sudah mulai hujan,"ujarnya. 

Melihat kondisi tersebut, diperkirakan proses penyaluran air bersih akan berhenti di bulan Desember. Pasalnya curah hujan di Kabupaten Tuban sudah mulai merata khusus di wilayah - wilayah yang mengalami kekeringan. 

"Kalau masyarakat membutuhkan air tetap kami kirim,"tandasnya. [nid/col]