Bagikan 98.400 Masker di 4 Kecamatan, Cara PKK Kurangi Sebaran Covid-19

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban sekarang kembali berstatus oranye atau resiko sebaran Covid-19 sedang. Seluruh stakeholder membantu Pemerintah untuk menurunkan angka kematian maupun kasus baru Covid-19, Rabu (4/11/2020).

Salah satu upaya pengurangan corona dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tuban, dengan membagikan 98.400 masker di empat kecamatan.

Kepada PKK Kecamatan dan Desa, Ketua TP PKK Tuban, Qodiriyah Fathul Huda meminta untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan di keluarga dan lingkungan sekitar yaitu menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan menjaga jarak minimal satu meter.

"Dengan ikhtiar bersama, semoga Pendemi Covid-19 segera berakhir dan kita dapat beraktivitas seperti sebelumnya," ucap Qodriyah.

Pekan ini, TP PKK memulai kunjungan pemantauan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan di kantor kecamatan Se-Kabupaten Tuban. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak,  terkait fungsi dan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai lumbung hidup keluarga, baik dari segi pangan maupun gizi.

Saat meninjau lahan pekarangan di Kantor kecamatan Singgahan Qodiriyah berpesan kepada Seluruh ketua TP PKK tingkat kecamatan dan desa agar kantor pemerintahan yang belum mempunyai banyak tanaman untuk segera di tambah lagi, terutama tanaman produktif yang bermanfaat, baik buah, sayur maupun tanaman obat keluarga.

“Pertanaman di lingkup perkantoran bisa berupa Tanaman di lahan, polybag, pot atau aquaponik yang disesuaikan dengan luas area dan karakteristik tanah," tuturnya.

Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan maupun desa diharapkan bisa mengajak warga di wilayahnya untuk ikut serta menanam tanaman di rumah masing – masing.

Hal itu bertujuan agar masyarakat khususnya ibu-ibu dapat mengelola, mengatur dan memanfaatkan lahan pekarangan disekitar rumah secara optimal agar bisa dimanfaatkan sebagai sumber cadangan pangan keluarga. [ali/ito]