Haornas dan HJT,  Disparbudpora Gelar Turnamen Olahraga Tradisional

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com -  Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menggelar lomba olahraga tradisional daerah. Kegiatan digelar dalam rangka emperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan memperingati Hari Jadi Tuban (HJT) Ke - 727.

Kegiatan yang dilaksanakan di Mangrove Center ini, turun dihadiri Bupati Tuban Fathul Huda, Ketua DPRD Tuban Miyadi, Ketua Koni Tuban Mirza Ali Manshur, DPR RI Ratna Juwita Sari, Forkopimka Kecamatan Tuban dan Jenu. 

Dalam sambutannya Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan, meskipun dalam kondisi Covid-19 namun kegiatan ini tetap diadakan hal ini merupakan satu tekat yang kuat menuju olahraga di Tuban maju.

"Di ajang PON kita masuk 10 besar, semoga tahun berikutnya ringkin kita semakin turun mendekati angka 1,"ujar Fathul Huda, Selasa (3/10/2020).

Ia menambahkan, olahraga ini merupakan multifungsi. Fungsi yang pertama, olahraga dapat mengundang penonton dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian di suatu wilayah tersebut.

"Seperti di sini, apabila tempat ini viral pastinya akan mendatangkan keramaian dan tentunya meningkatkan perekonomian untuk warga sekitar," ujarnya.

Fungsi yang kedua, dapat meningkatkan industri yang ada di daerah tersebut, dengan memproduksi atribut mulai dari kaos, sepatu dan lainnya.

"Olahraganya maju tentunya juga akan berdampak pada industri - Industri yang ada di daerah tersebut," imbuhnya.

Bupati dua periode ini menambahkan, olahraga tradisional merupakan warisan dari nenek moyang sudah seharusnya untuk terus dilestarikan agar tidak tergantikan dengan budaya - budaya lain.

"Saya berharap, semua stakeholder terus mendukung agar kegiatan ini dapat terus berjalan,"paparnya.

Ia juga berpesan untuk panitia, peserta dan penonton agar selalu menjaga protokol kesehatan. 

"Jagan lupa protokol kesehatan harus yang utama," tandasnya. [nid/col]