Warga dan Mahasiswa Gotong Royong Bersihkan Kali Mati Sidomulyo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah warga dan mahasiswa bergotong royong membersihkan sampah di Kali Mati di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Minggu (1/1/2020).

Aksi ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke 727 tahun 2020. Resik kali yang diinisiasi oleh pemuda Karang Taruna Ronggolawe Kelurahan Sidomulyo ini, juga diikuti sejumlah kelompok pemuda peduli lingkungan.

Pengurus Karang Taruna Ronggolawe Kelurahan Sidomulyo, Tuban, Nabila Fairus Sifa mengatakan, resik kali dilakukan supaya masyarakat semakin peduli dengan kebersihan sungai dan lingkungan sekitar mereka.

"Bersih sungai ini tidak hanya kita lakukan seremonial kali ini saja, tapi juga berkelanjutan," sambungnya.

Dalam momentum ini, warga juga ditekankan selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. "Kita juga telah menyiapkan bak bak sampah untuk warga yang ingin membuang sampah," imbuh Lala sapaan akrabnya.

Membiasakan hidup bersih dan peduli terhadap lingkungan ini akan ditumbuhkan ke seluruh warga Sidomulyo. Terutama paska aksi gotong royong bersih kali mati. Sehingga ke depan Sidomulyo menjadi lingkungan yang bersih dan sehat.

Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska menyampaikan, acara bersih kali mati ini merupakan tindaklanjut dari program prioritas kebersihan linkungan.

"Jadi acara pagi ini tindak lanjut dan Prioritas kelurahan, karena kemarin kita lihat lingkungan itu banyak sampah. Kita sudah mulai berbenah diri. Mulai kebersihan sungai dan laut," kata Lurah Achzar.

Salah satu mahasiswa asal Negara Zambia, Peter Steve Ngabwe, mengatakan jika sangat senang bisa berinteraksi dan membantu kegiatan bersih sungai tersebut.

"Warga disini ramah ramah sekali, saya senang bisa ikut gotong royong bersama warga di sini," tandasnya. [ali/ito]