Aksi Duta Gemarikan Menjaga Cita-cita Anak Pesisir

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 membuat sektor pendidikan lumpuh. Di Kabupaten Tuban sejumlah Duta Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melakukan gerakan untuk menjaga cita-cita anak pesisir untuk terus belajar, Senin (26/10/2020).

Gerakan itu berupa pemberikan pendidikan formal dan kreatifitas terhadap puluhan anak pesisir di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Pengajaran pendidikan dan kreatifitas diberikan selama delapan sesi selama dua bulan yang sudah dilakukan sejak September hingga pertengahan Oktober ini. Anak anak pesisir diajari berbagai macam bidang mata pelajaran sekolah dan kesenian secara langsung dengan protokol kesehatan secara ketat.

"Kita ada program bimbingan belajar yang rutin kita lakukan setiap hari Sabtu. Tak hanya tentang materi pelajaran sekolah saja, tapi juga menggambar, bernyanyi dan lain sebagainya," ucap Duta Gemarikan Tuban, Nabila Fairus Sifa.

Akibat pandemi, banyak anak anak yang terpaksa harus belajar di rumah. Hal itu membuat mereka jenuh dan susah memahami pelajaran.

"Anak-anak kami ajak bermain bersama untuk meningkatkan kreatifitas dan semangat belajar mereka," sambung Lala sapaan akrabnya.

Di pertemuan terkahir, Duta Gemarikan mengajar menggelar sejumlah kegiatan perlombaan. Seperti mewarnai, lari kelereng, balap karung, dan juga makan kerupuk. Perlombaan dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan dan semangat belajar bersama.

Mahasiswi semester 1 jurusan hukum Universitas Sunan Bonang (Unang) Tuban ini menambahkan, Duta Gemarikan memikiki program pemberdayaan anak anak pesisir. Setelah di Kelurahan Sidomulyo, program yang sama juga akan kita laksanakan di daerah lainnya.

"Setelah ini kita juga akan menyasar wilayah lain. Intinya kita ingin anak anak Tuban tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan sehat," jelas Lala.

Sementara itu, Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska mengatakan kegiatan Gemarikan mengajar yang dilakukan secara langsung ini sangat membantu pengajaran bagi anak anak di tengah Pandemi.

"Ini sangat membantu terutama bagi anak anak saat pandemi karena sekolahnya harus daring. Jadi kegiatan yang tatap muka ini sangat terbantu dengan cara gemarikan mengajar," sambung Achzar.

Achzar berharap kegiatan mengajar yang sudah dikakukan oleh Duta Gemarikan Tuban ini ada tindak lanjut dari tingkat RT, minimal seminggu sekali. Supaya komunikasi dan kreatifitas anak anak pesisir Sidomulyo terus berkembang. [ali/ito]