Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Gelombang ke lima droping air bersih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dilakukan. Kali ini distribusi air bersih di 23 desa, 8 kecamatan di Kabupaten Tuban.

Kalaksa BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, hingga saat ini BPBD telah mendistribusikan air bersih di 8 kecamatan. Kecamatan tersebut di antaranya Jatirogo Desa Bader.

Kecamatan Parengan Desa Dandangan, Desa Parangbatu, Desa Selogabus, Desa Kumpulrejo, Desa Dagangan, Desa Paving dan Desa Brangkal.

"Saat ini pendistribusian di Kecamatan Kenduruan Desa Tawaran dan Sidohasri,"ujar Yudi Irwanto Kamis,(22/10/2020).

Lebih lanjut, Kecamatan Montong di Desa Jetak, Desa Tanggulangin. Juga di Kecamatan Semanding Desa Sambongrejo, Desa Semanding, Desa Jadi. 

Selain itu di Kecamatan Senori Desa Medalem, Desa Sidorejo, Desa Kaligede. Sedangkan di Kecamatan Soko di Desa Tluwe. Kecamatan Grabagan di Desa Gesikan, Desa Grabagan dan Desa Ngandong.

"Untuk gelombang ke lima ini, ada 48 dusun,"ujarnya.

Ia menambahkan, ada tiga klasifikasi suatu wilayah tersebut dinyatakan kekeringan. Yaitu kekeringan langka terbatas pertama jarak sumber air 0.1- 0.5 kilometer dan kekeringan langka terbatas dua jarak sumber air 0.5 - 3 kilometer.

 "Terakhir, langka terbatas sumber air jarak sumber air lebih dari 3 kilometer," tandasnya.[nid/ono]