Bawa Tuntutan Ketenagakerjaan, Warga 3 Desa di Tuban Demo PT. Rekind

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Puluhan warga dari Desa Remen, Purworejo, dan Tasikharjo Kecamatan Jenu melakukan demo di kantor PT. Rekayasa Industri (Rekind). Massa membawa tuntutan ketenagakerjaan mengutamakan orang lokal.

Warga menilai selama ini orang lokal terkesan diabaikan. PT. Rekind selaku pemenang tender diminta melibatkan tenaga lokal dalam pekerjaan EPC Project Pembangunan 5 Unit Tangki Produk TPPI Tuban.

Selama orasi di Gate 5 kemudian di Gate 8 TPPI, massa didampingi Kepala Desa Tasikharjo, Damuri dan Kepala Desa Purworejo, Muksamiadi serta dikawal oleh TNI/Polri.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi asal Desa Tasikharjo, Bambang Irawan setelah mediasi mengatakan, PT. Rekind memberi jeda hingga tanggal 27 Oktober 2020. Dalam jeda tersebut warga meminta tidak ada perekrutan selain orang lokal.

"Pekerjaan PT. Rekind yang sudah jalan biar tetap jalan, dan menghentikan perekrutan tenaga dari luar," pinta Bambang saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Sementara itu, PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo, ST. MM menyampaikan sejak awal TPPI telah menekankan ke Rekind, apabila ada kebutuhan tenaga kerja yang requirement dan potensinya ada di lokal.

TPPI meminta tolong agar melibatkan warga lokal, jika sudah tidak ada dari warga lokal silahkan mencari dari luar namun tetap menjalin komunikasi yang baik dengan lokal sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Begitu juga kebutuhan yang lain, kualitas harus memenuhi, harga tidak dimainkan dan sesuai standart harga di TPPI, pengirimannya tepat waktu dan terakhir faktor safety.

"Jika unsur-unsur tersebut dipenuhi oleh lokal silahkan dilibatkan, sehingga jadwal pekerjaan yang telah ditetapkan TPPI tidak terhalang. Untuk kebutuhan jumlah tenaga kerja nanti dikonfirmasikan ke Rekind. Pekerjaan yang TPPI sampaikan ke Rekind, yang penting adalah 5 tangki itu jadi. Sedangkan untuk kebutuhan tenaga kerja sudah diatur mereka sendiri," tutur Taheran.

Ketika reporter blokTuban.com berusaha meminta konfirmasi dari perwakilan PT. Rekind, tidak ada satupun perwakilan yang berkenan memberi pernyataan tanggapan demo warga tiga desa.

Di papan HSE Statistic EPC Project Pembangunan 5 Unit Tangki Produk TPPI, tertulis kebutuhan total tenaga kerja PT. Rekind mencapai 229 orang, total jam kerja 87.517 jam, dan periode bulanan September 2020.

Usai mengawal warganya unjuk rasa, Kepala Desa Tasikharjo, Damuri meminta Rekind terus menjalin komunikasi baik dengan warga dan Pemerintah Desa untuk hal ketenagakerjaan. Komunikasi baik telah terjalin seperti dengan TPPI maupun dengan Pertamina TBBM Tuban. 

"Beri kesempatan potensi lokal untuk ikut andil dalam proyek EPC Tangki TPPI," pinta Damuri. [ali/ono]