Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Keberhasilan Pemkab Tuban dalam meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tuban Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, didampingi Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak menyerahkan penghargaan ini kepada Bupati Tuban Fathul Huda pada acara Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jawa Timur di Convention Hall Grand City, Surabaya, Senin (19/10/20). 

Sebelumnya penghargaan dari Kemenkeu ini diserahkan secara virtual pada acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 secara virtual oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, Selasa (22/9/20).

Plt. Kepala Dinas Kominfo, Rohman Ubaid mengatakan diraihnya penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi sekaligus penegasan dari Kemenkeu atas pengelolaan keuangan Pemkab Tuban.

"Opini WTP yang tahun ini merupakan keenam kalinya diterima oleh Pemkab Tuban dan menajdi indikator pengelolaan keuangan daerah yang baik dan sehat, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,’’ terangnya.

Capaian opini WTP juga tidak semata-mata disajikan dalam laporan keuangan saja, namun juga ditopang dengan efektivitas sistem pengendalian intern, serta kepatuhan terhadap undang-undang.

Dalam penyelesaian LKPD, yang paling utama adalah diperlukan komitmen kepala daerah yang nantinya diikuti bawahannya. Dan Opini WTP sebagai bukti bahwa Bupati Huda beserta Jajaran Pemkab Tuban memiliki komitmen terhadap pengelolaan keuangan yang baik.

Sementara itu Bupati Fathul Huda selepas menerima penghargaan ini menuturkan, penghargaan dari Kemenkeu ini harus menjadi motivasi untuk kembali bisa mempertahankan predikat opini WTP pada tahun anggaran 2020 saat ini.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus motivasi yang diberikan kepada Pemkab Tuban untuk tetap mempertahankan opini WTP walaupun di tengah kondisi Pandemi Covid-19,’’ ujarnya.

Tidak Lupa Bupati Huda menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi atas kinerja pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta seluruh pegawai di lingkup pemkab Tuban yang telah bekerja keras dalam mengelola anggaran Pemkab Tuban.

"Saya Harap, penghargaan ini dapat dijadkan sebagai motivasi untuk terus mengelola anggaran dengan baik, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ tandasnya.

Hadir pada kesempatan ini Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, dan Komandan Kodim 0811 Tuban, Letnan Kolonel Inf. Viliala Romadhon beserta kepala OPD terkait. [ali/ito]