Pantai Panduri Tasikharjo Dibuka, Pertamina Harapkan Masyarakat Berdaya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Secara resmi objek wisata pantai Pandan Berduri (Panduri) Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu dibuka untuk umum. Tiket masuk ke wisata pesisir tersebut gratis.

Kepala Desa Tasikharjo, Damuri mengatakan adanya wisata baru diharapkan memotivasi karang taruna dan masyarakat untuk memajukan desa. Selain memberi manfaat langsung, potensi desa juga semakin dikenal.

"Seluruh potensi akan dikolaborasikan mulai religi, agro, pantai, dan program CSR Pertamina TBBM Tuban berupa batik yang saat ini perkembangannya luar biasa," ucap Damuri, Minggu (18/10/2020).

Damuri juga bermimpi jika Desa Tasikharjo secara bertahap bisa menjadi kampung konveksi. Dengan begitu, ekonomi warga dan pendapatan perkapita akan terkerek.

"Seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Desa Tasikharjo telah siap menjadi desa mandiri," tegasnya.

Di lokasi yang sama, Senior Supervisor HSSE Pertamina, Riezki Fajar menambahkan, dengan dibukanya wisata pantai masyarakat Tasikharjo bisa lebih berdaya. Selaras dengan program pemberdayaan masyarakat Pertamina, di Desa Tasikharjo juga ada beberapa program CSR.

"Setiap program pemberdayaan kami sesuaikan dengan potensi di setiap desa. Kami mendukung Pantai Panduri, dan akan dikaji lagi dukungan apa yang sekiranya bisa diberikan," sambungnya.

Sudah ada beberapa program Pertamina yang sudah jalan di Desa Tasikharjo. Diantaranya program Batik Sekar Tanjung dan pembuatan pakan ternak sapi. Melalui program itu diharapkan masyarakat semakin berdaya dan mandiri.

Sebagaimana diketahui, pembukaan pantai Panduri diisi dengan kegiatan bakti sosial dan bersih-bersih lingkungan pantai oleh Karang Taruna. Hadir pula Aulina Umaza juara 1 Muda Sadar Budaya dan Pariwisata (Muda Sabudarta) tahun 2018. [ali/ito]