Kasubdit Pendidikan Al-Quran Kemenag RI Beri Bimtek Penerima Bantuan Pendidikan Al-Quran

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Al-Quran Tahun Anggaran 2020, Kamis (8/10/2020).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kasubdit Pendidikan Al-Quran Kemenag RI beserta Tim, dan didampingi Kasi PD. Pontren Kemenag Tuban tersebut diikuti peserta dari 5 TPQ dan 1 pesantren penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Kasubdit Pendidikan Al-Quran, Sarpani menjelaskan BOP diberikan kepada Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam yang aktif menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, serta terdaftar di Kantor Kementerian Agama.

Status terdaftar ini dibuktikan dengan Nomor Statistik Lembaga. Menurutnya, bantuan ini beragam, ada RKB, rehab dan BOP Pendidikan Al-Quran.

"BOP berbentuk bantuan uang tunai yang berasal dari DIPA Pusat Tahun 2020, untuk TPQ senilai 10 juta," jelas Sarpani.

Lebih lanjut, Sarpani menambahkan BOP ini dapat digunakan untuk pembiayaan operasional TPQ, pesantren dan pendidikan keagamaan islam. Misalnya, untuk membayar listrik, air, dan alat tulis.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid membenarkan adanya bantuan tersebut. Menurutnya, ada 6 TPQ di Kabupaten Tuban yang mendapatkan bantuan, yakni TPQ Al Masykuriyah Dawung Palang, TPQ Mambaul Ulum Ketambul Palang, TPQ Al-Djaelani Semanding, TPQ An-Nur Lajo Lor Singgahan, TPQ Nurul Hidayah Sinding Bancar, TPQ dan PP Tahfidz Al-Qur'an Walisongo Gomang Singgahan.

"Dana tersebut disalurkan secara langsung (LS) ke rekening Pesantren dan lembaga Pendidikan Keagamaan Islam penerima bantuan, dan tidak ada potongan dalam bentuk apapun," pungkasnya. [hud/ito]