Inkanas Dojo Merak Bersinar di Kejurnas Virtual UNJ Cup

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Inkanas Dojo Merak Kecamatan Merakurak kian bersinar di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) cup secara virtual.

Mewakili Kabupaten Tuban, Dojo Merak menyabet 7 emas dan 3 perak. Terdiri 9 medali kelas festival dan 1 kelas open.

Kepada blokTuban.com, Senpai Ali Mahfud mengatakan, Dojo Merak memiliki 25 anggota. Yang dikirim di Kejurnas UNJ ada 13 atlet. Atlet-atlet Tuban ini bersaing ketat dengan 500 atlet karate se-Indonesia.

"Kejurnas virtual UNJ Cup digelar tanggal 3-4 Oktober 2020. Kami lomba virtual di Mangrove Center dalam kelas kata atau seni," ucap Senpai Ali, Senin (5/10/2020).

Selain Sinpai Ali, Dojo Merak juga dilatih oleh Sinpai Lutfil Hakim Wicaksono. Mereka telah berlatih keras selama 2 tahun dengan fasilitas minim dengan basecamp Balai Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak.

Sebelum menjuarai Kejurnas UNJ, Dojo Merak di Jombang tahun 2020 meraih 2 emas, 1 perak, 3 perunggu. Kapolres Cup se-Jawa Timur di Bojonegoro tahun 2019 meraih 2 perak dan 1 perunggu.

Di awal dibukanya Dojo Merak, juga ikut Kejuaraan Unirow Cup se-Karesidenan Tuban-Bojonegoro-Lamongan tahun 2019 dan meraih 2 emas, dan 1 perunggu.

Ketua Ranting Dojo Merak, Kacung Eko Yuwono berharap ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban ada perhatian terhadap atlet Inkanas Dojo Merak.

"Selama ini swadaya dari orang tua. Semoga ada dukungan matras dari KONI," sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KONI Tuban, Mirza Ali Mansyur bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Dojo Inkanas di Kejurnas UNJ Cup virtual.

"Selamat membanggakan kita semua, semoga prestasi ini bisa menambah semangat untuk semakin giat berlatih untuk meraih prestasi yang lebih tinggi," tambahnya.

Terkait fasilitas, KONI akan koordinasikan dengan induk organisasinya (Forki), sebab club/perguruan/dojo itu anggota induk cabor. Dalam hal ini KONI pembinaan dibantu oleh induk Cabor.

Sebagaimana diketahui, Kelas festival (Emas) disabet Muhammad Ibrahim Miqdam, Ahmad Hilmi Zainul Muttaqin, Muhammad Azka Al Akbar, Muhammad Alfan Juliantoro, Adi Setya Ananta, Kalyca Prita Ardelia Putri dan Funisa Bilqi Azzahro.

Untuk medali perak diraih Vania Suci Aurellia, Athanufal Diva Muria Agung. Di kelas open Perak, Chlarirsya Ayu Oktavia Sari. [ali/col]