Tertular Covid-19, Dokter di Tuban Meninggal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satu orang tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Koesma Kabupaten Tuban meninggal dunia usai tertular Covid-19 saat menangani pasien.

Tenaga medis tersebut diketahui bernama dr. Devid Erfiyanto, dia bertugas sebagai dokter di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD dr. Koesma Tuban.

Direktur RSUD dr. Koesma Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi mengatakan, dr. Devid Erfiyanto meninggal dunia pada Kamis (1/10/2020). Sebelum meninggal dunia dr. Devid telah menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Spectroscopy (MRS) sejak (26/9/2020).

"Yang bersangkutan meninggal karena terinfeksi Covid-19, karena hasil test swab yang ke 2 kemarin sudah positif," terang dr. Syaiful Hadi saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Dia menambahkan awal mula yang bersangkutan terinfeksi Covid-19 diketahui pada saat yang bersangkutan menangani pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD dr. Koesma Tuban. 

Meski saat menangani pasien menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes) tapi yang bersangkutan ini juga mempunyai comorbid atau penyakit bawaan sehingga rentan tertular Covid-19.

"Yang bersangkutan punya comorbid. Dan pasien yang ditangani ini kebetulan orang tanpa gejala dengan rapid test non reaktif. Pasien yang ditangani baru ketahuan positif Covid-19 setelah dirujuk ke Surabaya dengan hasil swab positif," tandasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati saat dikonfirmasi mengatakan, jika dr. Devid meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.

"Iya yang bersangkutan meninggal karena terinfeksi Covid-19," terang Endah.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban itu menambahkan, hingga saat ini sudah ada 2 tenaga medis di Kabupaten Tuban yang meninggal dunia.

"Sampai saat ini total untuk tenaga medis yang meninggal karena tertular Covid-19 ada 2 orang," pungkasnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan update persebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban per 30 September 2020 jumlah suspek yang masih dipantau ada 19 orang. Kemudian jumlah komulatif terkonfirmasi positif sebanyak 516 orang dengan jumlah penambahan baru 3 orang.

Sedangkan jumlah terkonfirmasi positif yang meninggal dunia hari ini bertambah 1 orang. Sedangkan jumlah komulatif terkonfirmasi positif Covid-19 yang sembuh sebanyak 417 orang dengan hari ini angka kesembuhan ada 3 orang.[hud/col]