Cegah Abrasi, Kodim 0811 Tanam 1.000 Tanaman Mangrove di Keradenan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Untuk mencegah abrasi, Komando Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban melaksanakan penghijauan penanaman 1.000 tanaman mangrove di Desa Keradenan, Kecamatan Palang.

Penghijauan tersebut merupakan implementasi dari program Pembinaan Lingkungan Hidup Tahun 2020 Kodim 0811 Tuban, Kamis (01/10/2020).

Penanaman bibit mangrove dipimpin langsung oleh Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon diikuti Kasdim 0811 Tuban Mayor Arh Teguh Prastyo Wasis, Pasi Ter Kodim 0811 Kapten Czi Khoiril Anwar, Danramil 0811/02 Palang Kapten Arh Sutomo, Kapolsek Palang AKP Simon Triyono, Camat Palang Ir. Rohmad.

Hadir pula Kades Keradenan Sri Rahayu, Ketua Yayasan Masjid Ibrohim Asmoro Qondi Bpk. Sukardi, Anggota Kodim 0811, Anggota Koramil 0811/02, Anggota Polsek Palang, Pramuka Saka Wira Kartika serta Komunitas Masyarakat Pecinta Lingkungan.

Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penanaman mangrove itu dalam rangka menyambut HUT Ke-75 TNI, dengan ditanamnya di sekitar lokasi bibir pantai, dengan harapan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Sekaligus menjaga ekosistem perairan dan mengurangi pemanasan global, serta dalam hal ini dapat mencegah untuk mengurangi abrasi laut," ungkapnya.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem di wilayah Kabupaten Tuban. Jadi penanaman pohon mangrove di Desa Keradenan wilayah Kabupaten Tuban ini memiliki kekhususan dalam perawatan lingkungan, agar tidak terjadinya pengikisan di bibir pantai (abrasi laut).

TNI mengajak kalangan elemen masyarakat dan pegiat lingkungan hidup, selalu bersemangat untuk menjaganya. Penanaman kali ini bertajuk bersama lestarikan bumi Indonesia demi masa depan generasi penerus bangsa.

Sedangkan Camat Palang Ir. Rohmad dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0811 Tuban beserta jajarannya, yang telah peduli terhadap lingkungan Desa Keradenan.

"Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, agar antara pemerintah dan aparat TNI maupun Polri bersama-sama mewujudkan lingkungan yang hijau, serta lebih peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita ini," seru Camat Palang. [ali/col]